Meningkatkan Matematika Dasar Dengan Metode Interaktif Perkalian Dan Pembagian Jepang Serta Jarimatika Di Sdn 1 Kamaranglebak

Penulis

  • Syahril Musthopa Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Chasan Bisri Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Indah Merakati Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Novi Nurul Bahiyah Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Siti Nurhaliza Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Arum Sari Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1618

Kata Kunci:

perkalian pembagian jepang, perkalian jarimatika, pembagian jepang

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini di latarbelakangi oleh masalah yang sering dihadapi oleh siswa sekolah dasar mengenai pemahaman konsep matematika dasar yaitu perkalian dan pembagian yang sering dianggap susah dan abstrak sehingga menimbulkan malas belajar dan kejenuhan belajar . Rendahnya hasil belajar mengidentifikasi bahwa perlu adanya metode pembelajaran yang interaktif sehingga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan konkret. Pengabdian masyarakat ini  ini diselenggarakan di kelas 5 SDN 1 Kamarang lebak. Pengabdian masyarakat  ini bertujuan untuk membantu siswa memahami metode pembelajaran interaktif perkalian dan pembagian jepang serta jarimatika perkalian 6 sampai 10. Dengan metode ini siswa dapat pengetahuan baru dan cara menarik juga  berbeda sehingga menciptakan lingkungan  belajar yang bermakna karena metode variatif dan inovatif membuat siswa dapat bermain sambil belajar. Implementasi program ini meliputi demonstrasi, praktik langsung, serta sesi diskusi yang interaktif. Berdasarkan evaluasi, program ini berhasil secara signifikan meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi perkalian dan pembagian, yang juga terlihat dari meningkatnya antusiasme dan rasa percaya diri mereka dalam belajar matematika. Dengan metode perkalian dan pembagian jepang yaitu dengan metode garis, siswa merasa bahwa matematika juga dapat diselesaikan dengan cara bermain berupa menggambar sehingga lebih mudah dan menyenangkan. Kesimpulannya, metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif dapat menjadi solusi efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika dasar dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

 

Diterbitkan

2025-11-07

Cara Mengutip

Musthopa, S., Bisri, C., Merakati, I., Bahiyah, N. N., Nurhaliza, S., & Sari, A. (2025). Meningkatkan Matematika Dasar Dengan Metode Interaktif Perkalian Dan Pembagian Jepang Serta Jarimatika Di Sdn 1 Kamaranglebak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 195-203. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1618

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama