Sosialisasi Dampak Psikologis Bullying Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sindang Laut
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.994Kata Kunci:
Sosialisasi bullying, Dampak psikologis, siswaAbstrak
Artikel ini terkait dengan pengabdian mengenai sosialisasi bullying. Bullying merupakan tindakan yang agresif dilakukan berulang-ulang secara sadar oleh seseorang ataupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang perilaku bullying serta dampak psikologis yang dialami korban bullying pada kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Sindang laut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus kualitatif. Data primer diperoleh dari siswa korban bullying dan Wali kelas V, serta data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal. Data dikumpulkan meliputi observasi dan wawancara. Hasil pengabdian ini tentang perilaku bullying ini ada dua jenis, yaitu bullying verbal dan bullying fisik. Dampak Bullying Secara Psikologis terhadap siswa SD baik verbal maupun fisik, dapat menyebabkan trauma psikologis yang berat, termasuk kurangnya rasa percaya diri, takut bersosialisasi, dan trauma untuk berteman kembali, stres yang berkepanjanganf. Upaya penanggulangan dampak psikologis bullying pada siswa, melalui: Pendidikan dan sosialisasi, Pendekatan psikologis, dukungan emosional, lingkungan sekolah yang mendukung.