Pembuatan Pepaya Crispy Sebagai Inovasi Produk UMKM Di Desa Nanggela
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1653Kata Kunci:
Pepaya, Crispy, Inovasi, UMKMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sebuah inovasi pengembangan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di bidang pangan, dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa Nanggela. Potensi Desa Nanggela adalah banyaknya UMKM di sektor pangan, salah satunya adalah pepaya. Pepaya memiliki nilai ekonomis tinggi, menjadikannya peluang besar untuk menciptakan inovasi yang dapat menarik perhatian dalam pengembangan produk. Inovasi ini mengubah rasa pepaya yang biasanya manis dan segar menjadi pepaya dengan cita rasa gurih dan renyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk pepaya crispy sebagai inovasi produk UMKM bagi Desa Nanggela. Selain itu, produk pepaya crispy juga menjadi produk yang unik dan dapat diterima oleh berbagai kalangan karena rasanya yang enak dan nutrisinya yang melimpah. Inovasi dalam pengolahan produk sangat penting untuk mengembangkan produk yang memiliki daya saing di kalangan UMKM.

