Penerapan Bimbingan Klasikal Menggunakan AI untuk Mendukung Astacita Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah

Penulis

  • Astri Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Chasan Chasan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Elin Maulida Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Asa Aodina Azahra Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • M. Daffa Abiyu Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • M. Albet Maulana Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1658

Kata Kunci:

Bimbingan Klasikal, Minat Belajar, AI, Astacita, Inovasi Pendidikan

Abstrak

Studi ini membahas implementasi pembelajaran klasikal berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung Astacita dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Al Hidayah. Melalui pemanfaatan teknologi AI, proses pembelajaran klasikal diarahkan menjadi lebih interaktif, adaptif, dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran klasikal dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi penyampaian materi oleh guru, dan memperkuat strategi Astacita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, integrasi AI merupakan inovasi penting dalam mendukung pembelajaran klasikal untuk meningkatkan minat belajar siswa di tingkat madrasah dasar.Kegiatan ini dilaksanakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan dukungan data kuantitatif dari pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar 23%, yang tercermin dalam partisipasi aktif, antusiasme, dan keberanian siswa dalam diskusi. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif pada aspek sosial, psikologis, serta keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi. Dengan demikian, program bimbingan klasikal berbasis AI terbukti relevan, efektif, dan dapat menjadi model inovasi pendidikan dasar berbasis Astacita.

Diterbitkan

2025-11-09

Cara Mengutip

Astri, A., Chasan , C. ., Rahmawati, E. M. ., Azahra, A. A., Abiyu, M. D., & Maulana, M. A. (2025). Penerapan Bimbingan Klasikal Menggunakan AI untuk Mendukung Astacita Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 299-306. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1658

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama