Penerapan Bimbingan Klasikal Menggunakan AI untuk Mendukung Astacita Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1658Kata Kunci:
Bimbingan Klasikal, Minat Belajar, AI, Astacita, Inovasi PendidikanAbstrak
Studi ini membahas implementasi pembelajaran klasikal berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung Astacita dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Al Hidayah. Melalui pemanfaatan teknologi AI, proses pembelajaran klasikal diarahkan menjadi lebih interaktif, adaptif, dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran klasikal dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi penyampaian materi oleh guru, dan memperkuat strategi Astacita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, integrasi AI merupakan inovasi penting dalam mendukung pembelajaran klasikal untuk meningkatkan minat belajar siswa di tingkat madrasah dasar.Kegiatan ini dilaksanakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan dukungan data kuantitatif dari pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar 23%, yang tercermin dalam partisipasi aktif, antusiasme, dan keberanian siswa dalam diskusi. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif pada aspek sosial, psikologis, serta keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi. Dengan demikian, program bimbingan klasikal berbasis AI terbukti relevan, efektif, dan dapat menjadi model inovasi pendidikan dasar berbasis Astacita.

