Pelatihan Teknik Restructuring Kognitive Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.956Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Restructuring KognitiveAbstrak
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan mereka baik secara pribadi, sosial, maupun akademis. Salah satu pendekatan yang efektif untuk menangani masalah ini adalah melalui teknik restrukturisasi kognitif. Penggunaan teknik khusus dalam bimbingan kelompok perlu untuk mengembangkan potensi remaja secara optimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar peserta pelatihan dapat menyelenggarakan bimbingan kelompok secara efektif dengan menggunakan teknik restructuring cognitive. Metode penerapan kegiatan pengabdian adalah ceramah, demonstrasi dan latihan penggunaan Teknik Restructuring kognitive dalam pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengatasi kenakalan remaja. Sasaran kegiatan guru bimbingan dan konseling tingkat SMP sederajat di Kabupaten Siak. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan dilakukan dengan memberikan pre-tes dan post-tes sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian. Penggunaan teknik restructuring cognitive ini dalam bimbingan kelompok adalah langkah strategis yang berpotensi meningkatkan kompetensi guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani perilaku remaja secara positif dan efektif sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menambahkan pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan rasa percaya diri, serta komitmen guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan teknik Restructuring Kognitive dalam pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah.