Pemanfaatan Game Edukasi WordWall Sebagai Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar (SD)

Penulis

  • Dian Oktary Universitas Riau
  • Khairiyah Khairiya Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Siska Mardes Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Mahdum Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.921

Kata Kunci:

Game Edukasi, Media, Pembelajaran

Abstrak

Di era perkembangan teknologi yang cepat, pendidikan berbasis game telah menjadi alat yang inovatif dan efektif untuk pembelajaran. Game edukasi, yang menggabungkan unsur-unsur permainan dalam proses belajar, menawarkan metode yang menarik bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Menggunakan game edukasi sebagai pendekatan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Sebagai media pembelajaran, game edukasi tidak hanya mendukung interaksi sosial, tetapi juga membantu menciptakan komunikasi pendidikan yang efisien dan efektif. Game ini mengandung unsur pendidikan, menjadikannya alat yang menggabungkan kesenangan dan pembelajaran. Tujuan utama dari game edukasi adalah menumbuhkan minat belajar anak melalui permainan yang menyenangkan, sehingga mereka lebih mudah memahami materi. Diharapkan, dengan penggunaan game edukasi, proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih menikmati kegiatan belajar. Selain itu, permainan dalam pendidikan mengubah metode pembelajaran tradisional menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya skor, level, dan penghargaan, siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar, sementara game juga memberikan umpan balik langsung yang penting untuk pembelajaran. Kreativitas guru memainkan peran penting dalam mencegah kejenuhan siswa, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Metode pengajaran dan media pembelajaran yang digunakan guru sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Salah satu cara yang bisa diterapkan oleh guru untuk membuat pembelajaran lebih menarik adalah dengan memanfaatkan game edukasi sebagai media pembelajaran, sehingga siswa merasa lebih terlibat dan menikmati proses belajarnya.

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Oktary, D., Khairiya, K., Mariah, K. ., Mardes, S., Yakub, E., & Mahdum. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi WordWall Sebagai Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar (SD) . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 4(-), 43-49. https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.921