Penguatan Kemampuan Memanfaatkan Hasil Riset bagi Pengembangan Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1327Kata Kunci:
pemanfaatan riset, pengembangan pembelajaran, peningkatan kualitas, guru, inovasi pembelajaranAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil riset sebagai dasar pengembangan pembelajaran di SMPN 5 Yogyakarta. Program ini merespons kebutuhan guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang dinamis serta tuntutan peningkatan kualitas pendidikan. Penguatan ini dilakukan melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan intensif, meliputi analisis hasil riset, penerapan hasil penelitian dalam praktik pembelajaran, serta penulisan karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah lokakarya, diskusi kelompok, dan sesi praktik langsung dengan studi kasus, yang diikuti oleh guru mata pelajaran. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru bidang studi pada semua jenjang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam membaca, menganalisis, dan memodifikasi pembelajaran berbasis hasil riset terkini. Evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kompetensi guru, khususnya dalam keterampilan mengkaji literatur, menerapkan hasil riset ke dalam konteks kelas, serta mengembangkan strategi pengajaran yang lebih berpusat pada peserta didik. Program penguatan kemampuan ini mampu mendorong guru untuk lebih inovatif dan reflektif dalam pengembangan pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Endang Sri Budi Herawati, Priadi Surya, Lantip Diat Prasojo, Lia Yuliana, Yuni Astuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.