Pembuatan Pepaya Crispy Sebagai Inovasi Produk UMKM Di Desa Nanggela

Penulis

  • Hanifah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rikza Zainul Umam Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Chasan Bisri Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Setiadi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Afifah Restu Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1653

Kata Kunci:

Pepaya, Crispy, Inovasi, UMKM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sebuah inovasi pengembangan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di bidang pangan, dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa Nanggela. Potensi Desa Nanggela adalah banyaknya UMKM di sektor pangan, salah satunya adalah pepaya. Pepaya memiliki nilai ekonomis tinggi, menjadikannya peluang besar untuk menciptakan inovasi yang dapat menarik perhatian dalam pengembangan produk. Inovasi ini mengubah rasa pepaya yang biasanya manis dan segar menjadi pepaya dengan cita rasa gurih dan renyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk pepaya crispy sebagai inovasi produk UMKM bagi Desa Nanggela. Selain itu, produk pepaya crispy juga menjadi produk yang unik dan dapat diterima oleh berbagai kalangan karena rasanya yang enak dan nutrisinya yang melimpah. Inovasi dalam pengolahan produk sangat penting untuk mengembangkan produk yang memiliki daya saing di kalangan UMKM.

Diterbitkan

2025-11-08

Cara Mengutip

Hanifah, Umam, R. Z., Bisri, C., Setiadi, & Restu, A. (2025). Pembuatan Pepaya Crispy Sebagai Inovasi Produk UMKM Di Desa Nanggela. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 264-272. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1653

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama