Implementasi Student Centered Learning Berbasis Analisis Daftar Cek Masalah (DCM) dalam Pengembangan Orientasi Karier Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1606Kata Kunci:
Student Centered Learning, Orientasi Karier, Daftar Cek Masalah (DCM)Abstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk arah dan masa depan generasi muda. Hasil dari Daftar Cek Masalah (DCM) yang dilakukan di SMPN 1 Greged menunjukkan bahwa orientasi karier menjadi salah satu masalah dominan yang dihadapi oleh siswa. Maka pendekatan Student Centered Learning menjadi pilihan yang relevan dalam pendekatan pembelajaran yang mampu mengintervensi kebutuhan aktual siswa. Penelitian ini mengimplementasikan Student Centered Learning berbasis DCM dalam pengembangan orientasi karier siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan melalui serangkaian kegiatan pembelajaran partisipatif, refleksi, dan layanan klasikal berbasis multimedia dengan berbagai metode. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar, kesadaran terhadap minat dan bakat, serta pemahaman yang lebih baik mengenai pilihan pendidikan dan karier yang sesuai. Kelebihan pendekatan ini adalah mampu menghubungkan permasalahan nyata siswa dengan strategi pembelajaran yang interaktif, meskipun membutuhkan pendampingan lebih intensif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi SCL dan analisis DCM dapat menjadi alternatif efektif dalam membantu siswa SMP mengembangkan orientasi karier, serta berkontribusi pada penguatan peran pendidikan menengah sebagai fondasi kesiapan karier di masa depan.

