Penerapan Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Klasikal Terhadap Penguatan Etika Pada Siswa SDN 2 Karangmekar

Penulis

  • Pramuji Sandisasmita Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ulwiyatissuroya Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dina Rosdianti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Eko Purwanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Imam Hambali Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.946

Kata Kunci:

Bimbingan Klasikal, Role Playing, Etika

Abstrak

Penekanan pendidikan saat ini berpusat pada pentingnya mengembangkan etika sosial siswa. Masalah mendasar di SDN 2 Karangmekar adalah bahwa anak-anak kurang memahami pentingnya etika saat berinteraksi dengan orang lain. Menerapkan pendekatan bermain peran untuk meningkatkan pemahaman dan ketepatan siswa dalam menerapkan etika merupakan tujuan penelitian ini. Siswa dapat lebih memahami cara bertindak dalam berbagai situasi sosial dengan menggunakan teknik bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informasi dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi yang cermat. Secara keseluruhan, dua puluh delapan siswa kelas empat dari SDN 2 Karangmekar berpartisipasi sebagai mitra penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa layanan bimbingan tradisional yang menggunakan akting peran untuk mengajarkan anak-anak tentang etika sosial efektif. Konselor dan instruktur bimbingan memiliki peran fasilitatif dalam membantu siswa mengidentifikasi dan menyelesaikan dilema etika. Bersama dengan instruktur bimbingan dan konseling, kelompok diskusi kelas mendorong keterlibatan dan kolaborasi siswa, yang pada gilirannya mendorong rasa kebersamaan di sekitar proses pembelajaran (terutama di kelas) dan pada akhirnya membantu membawa perubahan sikap positif.

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Sandisasmita, P., Ulwiyatissuroya, Rosdianti, D., Purwanto, E., & Hambali, I. (2024). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Klasikal Terhadap Penguatan Etika Pada Siswa SDN 2 Karangmekar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 4(-), 230-236. https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.946