Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Stimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Pada Guru PAUD Dan Kader PKK

Penulis

  • Elmanora Universitas Negeri Jakarta
  • Maya Oktaviani
  • Hurriyatun Kabbaro Universitas Negeri Jakarta
  • Filmora Berlimetta Pesiwarissa
  • Puspa Aurelia Universitas Negeri Jakarta
  • Riri Herawati Prasojo Universitas Negeri Jakarta
  • Karin Pratiwi Universitas Negeri Jakarta
  • Jihan Ulayya Qurrotu Aini Universitas Negeri Jakarta
  • Melisa Nur Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Syifa Fadhila Basari Universitas Negeri Jakarta
  • Lila Avia Universitas Negeri Jakarta
  • Dejan Fadilahsyah Universitas Negeri Jakarta
  • Eko Gusti Priambodo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.937

Kata Kunci:

alat permainan edukatif, anak usia dini, guru Pendidikan Anak Usia Dini, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, kecerdasan majemuk

Abstrak

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, namun masih banyak orang yang menganggap bahwa anak yang cerdas adalah anak yang pintar berhitung atau anak yang pandai berbicara. Anggapan ini membuat kecerdasan anak yang lain kurang mendapatkan stimulasi yang cukup dari lingkungan. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk melatih guru PAUD dan Kader PKK dalam memanfaatkan alat permainan edukatif dalam pemberian stimulasi kecerdasan majemuk anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-4 Oktober 2024 dan melibatkan 19 orang guru PAUD dan Kader PKK di Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemaparan konsep kecerdasan majemuk (logika-matematika, linguistik, visual-spasial, musikal, kinestetik, naturalis, interpersonal, intrapersonal, dan eksistensial). Setelah pemaparan materi, peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi bentuk stimulasi kecerdasan majemuk yang dapat diterapkan di sekolah beserta alat permainan edukatif yang dibutuhkan sebagai media pembelajaran. Peserta juga diminta untuk mendemonstrasikan penggunaan media untuk stimulasi kecerdasan majemuk. Hasil pelatihan menunjukkan peserta telah mampu memanfaatkan alat permainan edukatif untuk beberapa aspek kecerdasan majemuk. Dengan demikian, peserta kegiatan diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam stimulasi kecerdasan majemuk anak di lingkungan keluarga dan sekolah.

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Elmanora, Oktaviani, M., Kabbaro, H., Pesiwarissa, F. B., Aurelia, P., Prasojo, R. H., Pratiwi, K., Aini, J. U. Q., Zahra, M. N., Basari, S. F., Avia, L., Fadilahsyah, D., & Priambodo, E. G. (2024). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Stimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Pada Guru PAUD Dan Kader PKK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 4(-), 145-155. https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.937

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama