Peningkatan, Pemahaman dan Pelafalan Makharijul Huruf Hijaiyah di Kalangan Anak - Anak Desa Leuwidingding
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1020Kata Kunci:
Peningkatan, Pemahaman, Pelafalan, Makharijul, Huruf hijaiayah, MasyarakatAbstrak
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan pelafalan makharijul huruf hijaiyah yang dilakukan di kalangan anak – anak Desa Leuwidingding. Melalui pendekatan kualitatif, Pengabdian ini dilakukan di Blok Pesantren Desa Leuwidingding dengan melibatkan asatidzah, anak - anak dan orang tua sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dan pelafalan makharijul huruf hijaiyah di masyarakat tersebut telah berjalan, namun masih terdapat beberapa kendala. Pembelajaran makharijul huruf hijaiyah seperti pengajian al-quran dan hafalan al-quran juz 30 telah diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, namun pemahaman anak – anak tentang pelafalan makharijul huruf hijaiayah masih perlu ditingkatkan. Selain itu, peran orang tua dalam membimbing anak – anak dalam belajar membaca al-quran di rumah juga sangat penting. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa diperlukan upaya yang lebih sistematis dan berkelanjutan untuk mengoptimalkan peningkatan pemahaman dan pelafalan makharijul huruf hijaiayah di masyarakat, baik melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, maupun kerja sama antara keluarga, dan masyarakat.