Pengembangan Kemampuan Kreativitas Anak Sekolah Dasar melalui Media Kerajinan Tangan
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1003Kata Kunci:
Celengan;, Kreatifitas Anak;, Media Keterampilan Tangan;Abstrak
Kreatif sendiri merupakan salah satu nilai dari program Kurikulum Merdeka atau Kumer. Program tersebut yakni P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Nilai tersebut pun menjadi tujuan dalam program P5. Program P5 diterapkan di berbagai jenjang sekolah, begitupun di Sekolah Dasar (SD). Sekolah Dasar yang menjadi tempat pengabdian pun menerapkan hal tersebut. Sekolah Dasar yang menjadi tempat pengabdian yakni SDN Karyamukti 1 yang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Artikel ini melaporkan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak sekolah dasar di SDN Karyamukti 1, Lemahabang, Karawang yang menajdi lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui media kerajinan tangan berupa kerajinan membuat celengan. Kegiatan ini melibatkan pelatihan yang dirancang untuk memperkenalkan teknik kerajinan yang sederhana dan menarik. Rumusan masalah pada pengabdaian ini adalah bagaimana keterlibatan siswa SDN Karyaukti 1 dalam kreativitas melalui media kerajinan tangan dan bagaimana proses kreativitas siswa SDN Karyamukti 1 dalam pembuatan kerajinan tangan. Adapun tujuannya menjelaskan keterlibatan dan proses siswa SDN Karyamukti 1 dalam pembuatan kerajinan tangan. Pengabdian ini dilakuan dengan metode observasi, praktik langsung, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa keterlibatan dalam kerajinan tangan meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, dan kemampuan kolaboratif siswa.