EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Suanto
  • Sri Hastuti
  • Dewi Asiyah

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v5i1.782

Kata Kunci:

Learning Model, Contextual Teaching and Learning, Learning Achievement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group prettest-posttest design dengan sampel penelitian yaitu seluruh kelas IV dengan model pembelajaran contextual teaching and learning. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh dari hasil belajar siswa setelah diterapkan menggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning. Rata-rata nilai prettest sebelum menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning terdapat 61,25. Setelah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning mendapatkan nilai rata-rata 76,66. Sehingga hasil nilai prettest dan posttest dapat disimpulkan bahwa nilai posttest lebih besar dibandingkan dengan prettest maka model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Suanto, Hastuti, S., & Asiyah, D. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jendela ASWAJA, 5(1), 54-60. https://doi.org/10.52188/ja.v5i1.782

Terbitan

Bagian

Articles