Pengaruh Sikap Siswa terhadap Penilaian Autentik terhadap Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Agus Santoso MADRASAH IBTIDAIYAH
  • Suciati Rahayu Widyastuti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1423

Kata Kunci:

Sikap_Siswa, Penilaian_Autentik, Hasil_Belajar_Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap siswa dalam penerapan penilaian autentik terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional,dengan jenis pengaruh/regresi. Sampel penelitian terdiri dari 361 siswa kelas VII di beberapa SMP di Kota Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh antara variabel independen dan dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap penilaian autentik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Sikap siswa dalam hal ini dipengaruhi oleh persepsi terhadap guru, orang tua, dan teman sebaya. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pembentukan sikap positif melalui keterlibatan aktif guru dan dukungan orang tua dalam proses pembelajaran berbasis penilaian autentik.

Referensi

Arigiyati, T. A. (2015). Penilaian autentik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 134–145. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.5304

Azwar, S. (2016). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education (8th ed.). London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315456539

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). London: SAGE Publications.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/6543/

Kemendikbudristek. (2024). Rapor pendidikan tahun ajaran 2023/2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id

McMillan, J. H. (2018). Classroom assessment: Principles and practice for effective standards-based instruction (7th ed.). Boston, MA: Pearson.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujaya, I. K., Suarni, N. K., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh penilaian autentik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 204–216. https://doi.org/10.23887/jpp.v20i2.1285

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd

Diterbitkan

2025-08-10

Cara Mengutip

Santoso, A., & Widyastuti, S. R. (2025). Pengaruh Sikap Siswa terhadap Penilaian Autentik terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(2), 342-347. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1423