Implementasi Kebijakan Percepatan Digitalisasi Di Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Penulis

  • Selva Saedini Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Triyuni Soemartono Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Harry Nenobais Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1390

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Digitalisasi Televisi, Kementerian Komunikasi Dan Informatika, Analog Switch-Off, Penyiaran Digital

Abstrak

Tujuan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan percepatan digitalisasi televisi nasional di Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Bahan dan Metode.  Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi pustaka, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dari Edward Gerston yang mencakup translation ability, resources, limited number of players, dan accountability. Untuk memperkaya analisis, digunakan pula teori implementasi kebijakan dari Van Metter dan Van Horn yang meliputi ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, kecenderungan pelaksana, komunikasi antarorganisasi, serta lingkungan sosial, ekonomi, dan politik.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses digitalisasi, kebutuhan akan tenaga kerja terlatih sangat penting untuk menghadapi perubahan teknologi. Digitalisasi televisi dibangun untuk kepentingan publik, di mana televisi sebagai media informasi turut serta membentuk perilaku masyarakat melalui konten yang disiarkan. Tayangan yang edukatif menjadi instrumen strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Penerapan Analog Switch-Off (ASO) memberikan masyarakat akses terhadap kualitas penyiaran yang lebih efisien dan optimal. Digitalisasi juga mendorong inovasi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan produktivitas, serta memberikan dampak ekonomi yang menguntungkan melalui dividen digital.

Kesimpulan. Namun demikian, implementasi kebijakan ini menghadapi tantangan, antara lain terkait kesiapan infrastruktur, penyediaan peralatan seperti set top box, serta ketimpangan adaptasi masyarakat terhadap teknologi digital. Dalam konteks ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki peran sentral dalam mengatur serta mendorong percepatan digitalisasi melalui kebijakan yang strategis dan adaptif. Penelitian ini memberikan deskripsi mendalam terkait urgensi dan dinamika implementasi kebijakan digitalisasi penyiaran di Indonesia.

Referensi

Abdul Rahman. (2009). Hubungan sistem administrasi perpajakan modern dengan kepatuhan wajib pajak. Jurnal Riset Akuntansi, 6(1).

Adi, B. (2010). Jurnalistik televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Agustino, L. (2014). Dasar-dasar kebijakan publik. Bandung: IKAPI.

Agustinus, W. (1996). Manajemen strategik: Pengantar proses berfikir strategik. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Yogyakarta: Deepublish.

Andri Irfan, dkk. (2021). Implementasi standar pelayanan minimal jalan tol, sebuah pendekatan kebijakan publik. CV. Amerta Media.

Budi, W. (2002). Kebijakan publik, teori dan proses. Yogyakarta: Media Presindo.

Budiarto, H., dkk. (2007). Sistem TV digital dan prospeknya di Indonesia. Jakarta: PT. Multikom.

Budi Agussetianingsih, Azhar Kasim, 2021. Peran Desain Kebijakan: Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dunn, W. N. (2013). Pengantar analisis kebijakan publik (Cet. ke-5). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Erma Prasetyo, A. T. K. (2016). Manajemen aplikasi E-Surat dalam pengelolaan arsip aktif (Studi kasus aplikasi E-Surat di Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bogor). Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Hidayanto Djamal, & Andi Fachruddin. (2011). Dasar-dasar penyiaran: Sejarah organisasi, operasional dan regulasi. Jakarta: Kencana.

John Vivian. (2003). Teori komunikasi massa. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Kapioru. (2014). Kebijakan publik: Proses, analisis dan partisipasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koentjaraningrat. (1983). Metode statistik dan sampling dalam penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis skripsi, tesis, dan disertasi riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.

Lina Miftahul Jannah, 2019. Implementasi Kebijakan Manfaat Jaminan Hari Tua di Indonesia.JPSI ( Journal of Public Sector Innovations)

Marwiyati, Ade Wahyudin, 2019. Implementasi Sistem Siaran Televisi Digital Di Lpp TVRI Stasiun Jawa Tengah. (Volume 17 Nomor 2)

Mamik. (2014). Manajemen mutu pelayanan kesehatan dan kebidanan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1983). Implementation and public policy. London: Scott, Foresman and Company.

Moeloeng, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moh. Pabundu Tika. (2015). Metode penelitian geografi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Morissan. (2011). Manajemen media penyiaran: Strategi mengelola radio & televisi (Edisi revisi). Jakarta: Kencana.

Morissan, A., dkk. (2017). Metode penelitian survei. Jakarta: Kencana.

Puji Rianto, dkk. (2012). Digitalisasi televisi Indonesia: Ekonomi politik, peta persoalan, dan rekomendasi kebijakan. Yogyakarta: PR2 Media Yayasan Tifa.

Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyati. (2012). Metodologi penelitian komputerisasi akuntansi. Bandung: LABKAT.

Syahida, A. B. (2014). Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2009 tentang pengelolaan sampah di Kota Tanjungpinang (Studi kasus di Kelurahan Tanjung Unggat).

Taufiqurokhman. (2009). Mengenal sumber daya manusia. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Zoebazary, I. (2010). Kamus istilah televisi dan film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zuwidah Dewi, Muzakkir, 2022. Strategi Komunikasi Penyiaran Indonesia (KPI) Mengoptimalisasi Migrasi Televisi Digital ( Volume 2 Nomor 2)

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Saedini, S. ., Soemartono, T. ., & Nenobais, H. . (2025). Implementasi Kebijakan Percepatan Digitalisasi Di Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(2), 242-251. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1390