Model Discovery Learning Berorientasi Gaya Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPTD SDN 2 Segeran Kidul

Penulis

  • Isna Amanaturrakhmah Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Nunung Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Rogibah Institut Pangeran Dharma Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1388

Kata Kunci:

Discovery learning, gaya belajar, hasil belajar

Abstrak

Studi ini menyelidiki penerapan model Discovery Learning yang disesuaikan dengan preferensi gaya belajar siswa untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah pada siswa kelas IV UPTD SDN 2 Segeran Kidul, di mana 60% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus, digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan konsisten dalam keterlibatan siswa dan hasil belajar pada setiap siklus. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka, yang menunjukkan bahwa pendekatan yang dipersonalisasi dapat meningkatkan motivasi dan pencapaian akademik. Studi ini menekankan pentingnya menyesuaikan strategi pembelajaran dengan preferensi gaya belajar siswa dalam kerangka Discovery Learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan kepada guru kelas agar dapat membantu siswa mengenali gaya belajar masing-masing dan mengelola pembelajaran dengan memperhatikan gaya belajar siswa.

Diterbitkan

2025-08-10

Cara Mengutip

Amanaturrakhmah, I., Nurjanah, N. ., & Rogibah, R. (2025). Model Discovery Learning Berorientasi Gaya Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPTD SDN 2 Segeran Kidul. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(2), 348-360. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1388