Pedoman Penulis

PERSYARATAN

Pedoman Penulis Artikel Jurnal Jendela Aswaja

Pedoman Umum

Artikel merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.
Artikel diketik dengan spasi 1 pada kertas A4 menggunakan huruf Time New Roman 12pts dengan jumlah halaman berkisar antara 10-15 halaman, termasuk daftar pustaka. 3. Keseluruhan artikel ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris, kecuali abstrak yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Penulis harus mengacu pada tata cara penulisan Indonesian Journal Of Physical Education And Sport Science (IJPESS)
Penulis menyertakan pernyataan bahwa artikel yang ditulisnya bebas dari plagiarisme.
Artikel dikirim secara elektronik dalam bentuk file melalui email: ijpess@unucirebon.ac.id
Struktur Naskah

Artikel hasil penelitian disusun dengan urutan sebagai berikut:

Judul
Nama penulis (tanpa gelar)
Institusi, alamat email
Abstrak (bahasa Indonesia dan Inggris)
Kata kunci (bahasa Indonesia dan Inggris)
Pendahuluan
Bahan dan Metode
Hasil
Diskusi
Kesimpulan dan saran
Ucapan terima kasih (jika ada)
Konflik kepentingan
Daftar referensi

Artikel-artikel kajian teoretis disusun dengan urutan sebagai berikut:

Judul
Nama penulis (tanpa gelar)
Institusi, alamat email
Abstrak (bahasa Indonesia dan Inggris)
Kata kunci (bahasa Indonesia dan Inggris)
Pendahuluan
Teks
Kesimpulan
Ucapan terima kasih (jika ada)
Daftar referensi

Judul makalah: Judul ditulis dengan huruf Time New Roman ukuran 14 poin spasi tunggal (judul tidak lebih dari 14 kata), menggunakan huruf besar dan dicetak tebal. Subjudul (jika ada) ditulis dengan huruf Time New Roman, ukuran 12 poin dan diapit oleh tanda kurung. Setiap huruf awal kata dalam subjudul ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung dan kata depan.

Nama penulis: Mulai volume 3 No. 2 tahun 2023, kami membatasi hanya 5 penulis dalam 1 artikel. Nama ditulis tanpa gelar dengan huruf Time New Roman 12pts dan dicetak tebal. Institusi dan alamat email harus ditulis dengan huruf Time New Roman 12pts.

Institusi dan alamat email: Jika ditulis oleh lebih dari satu orang dan berasal dari institusi yang sama, maka nama institusi cukup ditulis satu kali. Jika ditulis oleh lebih dari satu orang dan berasal dari institusi yang berbeda, semua nama institusi harus dicantumkan.

Abstrak: Bagian ini harus menggambarkan secara lengkap esensi penelitian atau kajian teori yang meliputi latar belakang dan tujuan penelitian atau penulisan secara singkat, metode dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam kisaran 150-200 kata dengan ukuran huruf 12pts spasi tunggal. Khusus untuk abstrak yang menggunakan bahasa Inggris dicetak miring.

Kata kunci: Ditulis menggunakan Time New Roman, ukuran 10pts, khusus untuk kata kunci dalam bahasa Inggris dicetak miring, huruf kecil semua, maksimal 5 kata. Kata kunci harus mengacu pada judul artikel.

Heading: Heading adalah judul untuk setiap bagian dalam penulisan jurnal seperti pendahuluan, metode/sub judul, hasil dan pembahasan serta kesimpulan. Semua judul ditulis dengan huruf Time New Roman, ukuran 12 poin. Setiap huruf pertama dari kata pada judul ditulis dengan huruf kapital, tidak diberi nomor dan dicetak tebal dengan posisi di sebelah kiri. Jika ada sub judul dari judul, maka sub judul tersebut diberi nomor dan disusun dengan urutan sebagai berikut: 1,2,3; 1), 2), 3); (1), (2), (3); a, b, c

Teks: Semua teks ditulis dengan huruf besar, Time New Roman ukuran 12 poin dengan 1 spasi, awal paragraf menjorok ke dalam. Pertama kali singkatan muncul dalam teks, harus diikuti dengan kepanjangannya. Selanjutnya, tulis saja singkatannya. Metode penulisan Latin ditulis dengan huruf miring. Angka dari nol sampai sembilan ditulis dengan kata-kata. Jika ada tabel atau gambar yang dikutip, maka dalam narasi ditulis dengan menggunakan huruf kapital awal, misalnya: Tabel 3, Gambar 3.

Pendahuluan: Bagian pendahuluan berisi permasalahan atau konsep atau hasil penelitian sebelumnya yang menjadi dasar dalam melakukan penelitian atau kajian teori. Pendahuluan juga harus menjelaskan latar belakang dan mengapa topik penelitian tersebut penting untuk dilakukan dan di akhir pendahuluan dijelaskan mengenai tujuan penelitian atau penulisan.

Bahan dan Metode: Metode harus menjelaskan tahapan penelitian secara rinci dan jelas, termasuk metode dan desain penelitian serta instrumen atau alat ukur yang digunakan. Khusus untuk artikel kajian teori, bagian ini berisi sub judul (jumlah sub judul disesuaikan dengan kebutuhan).

Hasil: Bagian ini memberikan informasi tentang temuan dan hasil penelitian. Data tentang hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar, dan grafik beranotasi.

Diskusi: Bagian ini juga menyediakan diskusi yang menjelaskan hubungan antara hasil penelitian dengan teori, tujuan penelitian, dan perbandingan dengan penelitian lain yang telah dipublikasikan. Pembahasan juga menjelaskan implikasi atau kontribusi dari hasil penelitian untuk ilmu pengetahuan.

Kesimpulan dan Saran: Bagian ini memberikan kesimpulan dari hasil penelitian secara singkat disertai dengan saran yang ditujukan untuk peneliti selanjutnya atau pembaca secara umum.

Ucapan Terima Kasih: Ditujukan kepada pihak-pihak yang membantu penelitian, seperti penelaah naskah atau pemberi dana penelitian.

Konflik kepentingan: Sebutkan jika ada faktor kepentingan dalam artikel tersebut

Referensi: Referensi yang ditulis dalam daftar referensi hanya yang benar-benar dikutip dalam tulisan dan sebaliknya. Daftar referensi ditulis berdasarkan urutan abjad dengan tata cara penulisan sumber data dari APA (American Psychosocial Association) sebagai berikut:

Untuk buku yang ditulis oleh lebih dari tiga orang:
pengarang Bellon, JJ, Bellon, EC, & Blank, MA dkk. (1992). Pengajaran yang berasal dari sebuah penelitian
basis pengetahuan: Sebuah proses pengembangan dan pembaharuan. New York: Macmillan Publishing Company.

Untuk buku yang ditulis oleh dua orang:
Cole, PG, & Chan, LKS (1994). Prinsip-prinsip dan praktik pengajaran.Edisi ke-2. New South Wales, Australia: Prentice Hall. Cullingford, C. (1995). Guru yang efektif. New York: Cassell.

Untuk sumber-sumber yang ditulis:
Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman kebijakan pengembangan profesi guru. Jakarta.

Setiadi, R. (2006). Efikasi diri guru bahasa Indonesia dan hubungannya dengan prestasi siswa kelas 8 dalam membaca dan menulis. Tesis. Melbourne: Monash University.

Untuk sumber dari jurnal:
Kang, S. (2010). Pendidikan multikultural dan hak atas pendidikan anak-anak migran di Korea Selatan. Educational Review, 62(3), 287-300. Doi

Untuk sumber dari internet:
Solis, A. (2009). Pengetahuan konten pedagogis. Diunduh pada tanggal 30 Agustus 2013. [Online]. di
www.indra.org/IDRSNewsletter.

Penulisan tabel (jika ada): ditulis dengan huruf Time New Roman, ukuran 12 poin dan dicetak tebal. Setiap huruf pertama dari kata pada judul tabel ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung dan kata depan. Di bawah tabel diberikan informasi yang memadai. Judul tabel ditulis di atas sebelum tabel dan diletakkan di tengah (center).

Penulisan gambar (jika ada): ditulis dengan jenis huruf Time New Roman, ukuran 12 poin dan dicetak tebal. Setiap huruf pertama dari kata pada judul gambar ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung dan kata depan. Judul gambar ditulis di bawah gambar dan ditempatkan di tengah (center).