Discovery learning model based on learning preferences in increasing learning outcomes of IV grader students of UPTD SDN 2 Segeran Kidul

Authors

  • Isna Amanaturrakhmah Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Nunung Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Rogibah Institut Pangeran Dharma Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1388

Keywords:

Discovery Learning, Learning Preference, Learning Outcome

Abstract

Studi ini menyelidiki penerapan model Discovery Learning yang disesuaikan dengan preferensi gaya belajar siswa untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah pada siswa kelas IV UPTD SDN 2 Segeran Kidul, di mana 60% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus, digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan konsisten dalam keterlibatan siswa dan hasil belajar pada setiap siklus. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka, yang menunjukkan bahwa pendekatan yang dipersonalisasi dapat meningkatkan motivasi dan pencapaian akademik. Studi ini menekankan pentingnya menyesuaikan strategi pembelajaran dengan preferensi gaya belajar siswa dalam kerangka Discovery Learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan kepada guru kelas agar dapat membantu siswa mengenali gaya belajar masing-masing dan mengelola pembelajaran dengan memperhatikan gaya belajar siswa.

Published

2025-08-10

How to Cite

Amanaturrakhmah, I., Nurjanah, N. ., & Rogibah, R. (2025). Discovery learning model based on learning preferences in increasing learning outcomes of IV grader students of UPTD SDN 2 Segeran Kidul. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(2), 348-360. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1388