Eksperimen Analisis Pertambahan Panjang Pegas Terhadap Perubahan Massa Benda Pada Praktikum Virtual Laboratory
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.767Kata Kunci:
Hukum Hooke, Massa Benda, Panjang Pegas, Pegas, Virtual LaboratoryAbstrak
Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis pentambahan panjang pegas terhadap beban atau massa benda yang diubah-ubah (variasi massa benda) menggunakan Phet Simulation atau Laboratorium virtual yang dapat digunakan di platform website. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan virtual laboratorium Phet Simulation, untuk mengetahui hubungan antara panjang dengan massa benda pada percobaan pegas untuk memungkinkan penggunaan alat dan bahan yang lebih efektif dan efisien dan dengan menggunakan virtual laboratorium ini dapat memudahkan para guru dan peserta dalam melakukan praktikum secara jarak jauh dan mandiri. Metode yang dilakukan dalam penelitian pada virtual laboratorium ini yaitu dengan eksperimen dan menggunaan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis grafik yang didapatkan menunjukkan bahwa hubungan antara gaya dan pertambahan panjang pegas bersifat linier atau berbanding lurus yang artinya ketika pertambahan panjang pegas (x) sebanding dengan gaya yang diberikan (F). Artinya, semakin besar gaya yang diberikan, semakin panjang pegas akan meregang, yang mana akan sesuai dengan teori Hukum Hooke. Penelitian ini memiliki dampak yang praktis dalam pembelajaran fisika, terutama dalam penggunaan virtual lab untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan Artinya, semakin besar gaya yang diberikan, semakin panjang pegas akan meregang, yang mana akan sesuai dengan teori Hukum Hooke. kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika.
Referensi
Aksan, H. (2023). Kamus Fisika: istilah, rumus, penemuan. Nuansa Cendekia.
Ariyadi, I. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Azizaturredha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, dan minat belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Budi, E., Budi, A. S., Fitri, U. R., Aprilia, R., & Andriani, D. (2021). Kajian Sifat Tetapan Pegas Dan Modulus Elastisitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Aplikasinya (JPMSA), 1(1), 6–11.
Budiman, A., Faturrahman, F., Nugroho, D. A., Nurzaki, A. Z., Rahmawati, D., Malik, A. L., & Malik, A. (2023). ANALISIS PENGARUH KONSTANTA PEGAS TERHADAP PERTAMBAHAN PANJANG PEGAS. Jurnal Ilmu Fisika Dan Terapannya (JIFTA), 10(1), 12–30.
Fuad, M. (2013). Pembuatan dan Penentuan Spesifikasi Sensor Gaya Berat Berbasis Pegas dan Ldr. Pillar Of Physics, 2(1).
Gare, O. B., Lolowang, J., & Polii, J. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Deviasi Dan Indeks Bias Prisma Berbasis Laboratorium Virtual. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 37–43.
Hasanah, D., & Budhi, W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Fisika Berbasis STEM Pada Topik Elastisitas dan Hukum Hooke. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 130–139.
Hidayati, F. N. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa kelas X pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1-10.
Malik, A. (2023). Pengaruh Massa Pada Beban Terhadap Konstanta Pegas. AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 3(2), 105–122.
Malik, A., & Ubaidillah, M. (2019). Pengembangan model praktikum fisika berbasis multiple skills untuk meningkatkan keterampilan 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.
Monalisa, M., Budi, A. S., & Serevina, V. (2019). Learning Cycle 5E Menggunakan E-Learning Berbasis Schoology Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8, SNF2019-PE.
Muslihatin, A. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Demonstrasi dan Eksperimen Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa (Studi Kasus Materi Getaran dan Gelombang di MTsN Bibrik, Jiwan, Madiun Kelas VIII Semester genap Tahun Pelajaran 20 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Putri, S. A. N., & Wasis, W. (2022). Remediasi Miskonsespsi Peserta Didik Pada Materi Hukum Hooke Melalui LKPD Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 41–52.
Rahmawati, D., & Malik, A. (2023). Analisis Pengaruh Massa Beban Terhadap Pertambahan Panjang dan Konstanta Pegas. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 6(2), 100-107.
Raini, Y., & Wiranata, A. A. (2020). Pengaruh media laboratorium virtual (Phet) terhadap kemampuan praktikum kimia siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77-85.
Salsabila, R. Y., Prastowo, S. H. B., & Effendi, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. FKIP E-PROCEEDING, 4(1), 111–114.
Soekarman, S. (2021). Impementasi Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Elastisitas Melalui Inquiry Based Learning di SMA Negeri 2 Donggo. Jurnal Paedagogy, 8(2), 197-209.
Suhantoro, M. (2020). Kajian mengenai Fenomena Miskonsepsi Universal di SMA N 1 Wonosobo terkait Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. FKIP E-PROCEEDING, 5(1), 47–50.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75-88.
Susianto, E., & Suharto, S. (2018). HUKUM HOOKE.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.
Wardani, A. K., & Malik, A. (2023). Analisis Efektivitas Virtual Laboratorium Amrita dalam Menjalankan Praktikum Pegas dan Hubungan Variabel dalam Konteks Hukum Hooke. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 200-208.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Trissanggrah Nirmala Desinta, Adam Malik
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.