http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2021-11-11T08:27:46+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with LIPI with [<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1524415692&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1534165910&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>]. JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/178 ANALISA KADAR PROTEIN DAN MIKROBIOLOGI BUMBU BUBUK PENYEDAP RASA BERBAHAN DASAR DAGING IKAN YANG BERBEDA 2021-08-13T23:49:02+00:00 Teni Novianti teninovianti.83@gmail.com <p>Cita rasa yang terdapat pada daging ikan dapat dikembangkan menjadi olahan seperti bumbu penyedap rasa.&nbsp; Ikan Kembung <em>(Rastrelliger sp</em>) dan Ikan Layang (<em>Decapterus sp)</em> merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai rasa yang kuat dan menambah nilai gizi pangan seperti protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar mutu protein dan mutu mikrobiologi dari daging ikan yang berbeda.&nbsp; Prosedur pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu pembuatan pembuatan penyedap rasa alami dari daging ikan kembung dan ikan layang, analisa kadar protein dan analisis total mikroba.&nbsp; Hasil penelitian menunjukan bahwa bumbu bubuk penyedap rasa terbaik terdapat pada sampel berbahan dasar daging ikan layang dengan kadar protein sebesar 58,26 %, Angka Lempeng Total (ALT) sebesar 7,3 x 10<sup>3</sup> koloni/gr dan <em>Coliform</em>&nbsp; &lt; 3 APM/gr.&nbsp;</p> 2021-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Teni Novianti http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/177 ANALISA KADAR PROTEIN DAN MIKROBIOLOGI BUMBU BUBUK PENYEDAP RASA BERBAHAN DASAR DAGING IKAN YANG BERBEDA 2021-08-13T23:44:07+00:00 Teni Novianti teninovianti.83@gmail.com <p>Cita rasa yang terdapat pada daging ikan dapat dikembangkan menjadi olahan seperti bumbu penyedap rasa.&nbsp; Ikan Kembung <em>(Rastrelliger sp</em>) dan Ikan Layang (<em>Decapterus sp)</em> merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai rasa yang kuat dan menambah nilai gizi pangan seperti protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar mutu protein dan mutu mikrobiologi dari daging ikan yang berbeda.&nbsp; Prosedur pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu pembuatan pembuatan penyedap rasa alami dari daging ikan kembung dan ikan layang, analisa kadar protein dan analisis total mikroba.&nbsp; Hasil penelitian menunjukan bahwa bumbu bubuk penyedap rasa terbaik terdapat pada sampel berbahan dasar daging ikan layang dengan kadar protein sebesar 58,26 %, Angka Lempeng Total (ALT) sebesar 7,3 x 10<sup>3</sup> koloni/gr dan <em>Coliform</em>&nbsp; &lt; 3 APM/gr.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/176 Persepsi Orangtua Siswa PAUD Harapan Bangsa Terhadap Konsumsi Ikan 2021-07-12T07:21:31+00:00 Nurul Ekawati e86xa.nta@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat pengetahuan orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa tentang konsumsi ikan; 2) mengetahui sikap orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa tentang</p> <p>konsumsi ikan; 3) mengetahui tindakan orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa tentang konsumsi ikan. analisis yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel dengan total sampling, mendapatkan 31 orangtua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa termasuk dalam kategori baik sebanyak 23 orang (74,19%), sikap orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa termasuk dalam kategori baik sebanyak 24 orang (77,42%), dan tindakan orangtua siswa PAUD Harapan Bangsa termasuk dalam kategori sangat tidak baik sebanyak 24 orang (77,42%)</p> 2021-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Nurul Ekawati http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/165 Analisis Tingkat Pemahaman Fisika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester 2 terhadap Teknik Desalinasi Sea Water 2021-06-15T12:52:18+00:00 Shindi Antika Sari Shindi sindiantika950@gmail.com <p>Penelitian “Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester 2 terhadap Teknik Desalinasi Sea Water Menggunakan Konsep Fisika Sederhana ” dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai pengaplikasian konsep fisika dalam kehidupan sehari – hari khusunya pada teknik – Teknik yang telah berkembang dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa semester 2 mengenai konsep fisika sederhana yang telah mereka pelajari yakni meliputi suhu, tekanan dan perubahan suhu pada ruang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni dengan metode deskriptif dimana pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dalam bentuk google form, Kemudian diedarkan kepada mahasiswa Pendidikan Fisika semester 2 menggunakan media Whats up dalam bentuk link. Peneliti membutuhkan responden minimal sebanyak 90 responden yang berasal dari mahasiswa Pendidikan fisika yang sedang menempuh perkuliahan semester 2.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2021-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Shindi Antika Sari Shindi http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/158 Analisis Kualitas Air Hippam Sari Tirto Dengan Parameter Fisik Sebagai Penunjang Kebutuhan Sehari – Hari Warga Desa Gumirih Banyuwangi 2021-06-02T07:21:18+00:00 Putpita Sari putpitas59@gmail.com <p>Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai kualitas air menjadi masalah utama krisis air bersih. Laju mobilitas yang tinggi juga mempengaruhi terhadap kualitas air. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan air HIPPAM, PDAM dan sumur gali tanpa mereka tau mengenai standart baku air layak konsumsi, maka dari itu dilakukan penelitian tentang analisis kualitas air HIPPAM “Sari Tirto” dengan parameter fisik sebagai penunjang kebutuhan sehari – hari warga desa Gumirih kabupaten Banyuwangi. penelitian ini bertujuan menentukan uji parameter fisika pada instalasi pengolahan air HIPPAM&nbsp; Sari Tirto meliputi: warna, bau, jumlah zat padat terlarut (TDS), suhu, rasa serta pH. Metode Observasi dilapangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan pengambilan sampel di tiga titik kran HIPPAM lalu di Analisis di Laboratorium. Adapun hasil penelitian parameter fisika air yaitu: warna, rasa, bau, TDS, pH. akan dibandingkan dengan&nbsp; aturan Menteri Kesehatan Nomor. 492/Menkes/per /IV/2010. Hasil analisis parameter fisika air HIPPAM dengan variabel bau, rasa, warna memenuhi standar baku, suhu di 3 lokasi berturut – turut 28<sup>0</sup>C,29<sup>0</sup>C,27<sup>0</sup>C. sedangkan untuk TDS hasil yang diperoleh&nbsp; pada lokasi pertama hingga ketiga adalah 179 Mg/L, 180 Mg/L, 178 Mg/L. Ph dari lokasi pertama hingga ketiga 6,6-7,8. Dapat disimpulakan hasil analisis parameter air HIPPAM Sari Tirto Sudah memenuhi Standar Permenkes &nbsp;Nomor. 492/Menkes/per /IV/2010.</p> 2021-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Putpita Sari http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/153 Respon dan Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 2021-05-16T07:38:43+00:00 Damar Septian damarseptian.staip@gmail.com Ifa Fauziyah Farid ifaelquds@gmail.com Selamet Syaifuddin selamet.syaifuddin99@gmail.com Sri Hastuti sri.hastuti0709@gmail.com <p>The relationship between student context and subject matter is often emphasized in science learning. Improving student learning outcomes also always receives special attention. However, student learning outcomes still do not meet the minimum completeness criteria. The Contextual Teaching and Learning (CTL) approach is an alternative solution because the concept of learning relates the material being taught with the situations around students. This study aims to determine the students’ responses to science learning using the CTL approach and its effect on science learning outcomes, material properties and changes in the shape of objects. This research was an experimental research. The sampling technique used was saturated sampling. The research sample was the fifth grade students of SD UnggulanMuslimat NU Kudus, totaling 60 students. The independent variable was the CTL learning model while the dependent variable was the science learning outcome. The research instrument used were tests and non-tests. The results of the study were the students' responses were categorized as very strong and there was a significant effect of the CTL approach on science learning outcomes. These findings are not only to improve student learning outcomes but also provide knowledge about the benefits of science in the context of the student's environment.</p> 2021-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Damar Septian, Ifa Fauziyah Farid, Selamet Syaifuddin, Sri Hastuti