http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2025-06-19T15:18:54+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with <strong>LIPI</strong> with [<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1524415692" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534165910" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>] and has been nationally accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener"><strong>SINTA 4 </strong></a>based on <a title="the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education. Number 10/c/C3/DT.05.00/2025" href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener">the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Number 10/C/C3/DT.05.00/2025.</a> JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by<strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8516" target="_blank" rel="noopener"> SINTA</a></strong>, <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <strong><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125634&amp;lang=en">Copernicus</a></strong>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1307 Rancang Bangun Perangkat Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Otomatis Berbasis mikrokontroler 2025-06-19T15:18:54+00:00 Robin Mahendra rbnmhndra23@gmail.com <p>Gerak jatuh bebas merupakan salah satu fenomena fisika yang termasuk dalam kelompok GLBB. Gerak jatuh bebas diartikan sebagai gerak benda yang jatuh dari ketinggian tertentu tanpa adanya kecepatan awal dan hanya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi. Penentuan gravitasi dari gerak jatuh bebas sering kali dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat eksperimen berbasis mikrokontroler NodeMCU yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik dan sensor inframerah guna mempermudah akuisisi data waktu dan ketinggian secara otomatis. perangkat ini memungkinkan data diakses melalui alamat IP dan ditampilkan secara real-time pada halaman <em>website</em>. Kinerja perangkat eksperimen ini kemudian dibandingkan dengan metode video tracker. Hasil menunjukkan bahwa perangkat eksperimen menghasilkan nilai percepatan gravitasi sebesar 10,533 m/s2 dengan %<em>error</em> sebesar 7,897&nbsp; %akurasi sebesar 92,103% dan %presisi sebesar 1,827% berdasarkan 10 kali pengulangan. Sementara itu, nilai percepatan gravitasi yang diperoleh dari aplikasi video tracker adalah sebesar 11,322 m/s² dengan %<em>error</em> sebesar 15,760%, %akurasi sebesar 84,240% dengan standar deviasi 2,055. Berdasarkan hasil tersebut, perangkat eksperimen berbasis mikrokontroler dinilai lebih presisi, akurat, dan praktis dalam mengukur percepatan gravitasi melalui gerak jatuh bebas.</p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1306 Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Terhadap Hasil Belajar : Systematic Literature Review (SLR) 2025-06-19T12:27:27+00:00 Elman Ikhtiar Ronaldo Waruwu elmanwaruwu@gmail.com Muhammad Nur Farrizqi mnurfarrizqi@gmail.com Desnita desnita@fmipa.unp.ac.id Akmam *akmam_db@fmipa.unp.ac.id <p>Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis perkembangan dan efektivitas media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR). Kajian dilakukan terhadap berbagai artikel ilmiah nasional dan internasional yang diterbitkan dalam rentang waktu tertentu dan memenuhi kriteria inklusi yang telah ditentukan. Fokus utama dari analisis ini mencakup jenis media interaktif yang digunakan, karakteristik desain media, pendekatan pedagogis yang mendasarinya, serta dampaknya terhadap pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa media interaktif seperti simulasi berbasis komputer, aplikasi berbasis Android, augmented reality (AR), dan video interaktif mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman konseptual dalam pembelajaran fisika. Selain itu, pemanfaatan teknologi yang dikombinasikan dengan pendekatan konstruktivis terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi guru, peneliti, dan pengembang media untuk merancang strategi pembelajaran fisika yang inovatif dan berbasis teknologi.</p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1301 MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA: TINJAUAN LITERATUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA 2025-06-17T10:05:14+00:00 rika anisa rikaanisa.spt91@gmail.com Hadma Yuliani hadmayuliani@iain-palangkaraya.ac.id <p>Pembelajaran fisika seringkali dipersepsikan sebagai matapelajaran yang abstrak, sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas, pemecahan masalah, dan penerapan konsep dalam konteks kehidupan nyata. Model Project Based Learning (PjBL) hadir sebagai alternatif pembelajaran yang menekankan aktivitas proyek kolaboratif berpusat pada peserta didik. Meskipun sejumlah penelitian telah membahas implementasi PjBL dalam berbagai konteks, belum ada kajian komprehensif yang secara spesifik mengintegrasikan temuan terkait pengaruh PjBL terhadap kreativitas dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai literatur ilmiah mengenai efektivitas model PjBL dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis dengan menganalisis 47 artikel ilmiah dari jurnal terindeks yang diterbitkan dalam kurun waktu 2015-2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dengan rata-rata peningkatan sebesar 37,8% (effect size d=0,84) dibandingkan metode konvensional. Secara spesifik, siswa menunjukkan peningkatan dalam indikator kelancaran sebesar 42,3%, keluwesan sebesar 35,6%, keaslian sebesar 31,7%, dan elaborasi sebesar 41,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL memberikan kontribusi dalam mengembangkan kreativitas siswa melalui&nbsp; kolaborasi, pemecahan masalah, dan kebebasan bereksplorasi dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian ini menyediakan landasan konseptual dan empiris bagi pendidik dan peneliti untuk mengoptimalkan praktik pembelajaran berbasis proyek guna memfasilitasi kreativitas siswa dalam memahami konsep fisika.</p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1300 MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA: TINJAUAN LITERATUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA 2025-06-17T09:46:49+00:00 rika anisa rikaanisa.spt91@gmail.com <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pembelajaran fisika seringkali dipersepsikan sebagai matapelajaran yang abstrak, sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas, pemecahan masalah, dan penerapan konsep dalam konteks kehidupan nyata. Model Project Based Learning (PjBL) hadir sebagai alternatif pembelajaran yang melalui aktivitas proyek kolaboratif berpusat pada peserta didik. Meskipun sejumlah penelitian telah membahas penerapan PjBL dalam berbagai konteks, belum ada kajian komprehensif yang secara spesifik mengintegrasikan temuan-temuan terkait pengaruh PjBL terhadap kreativitas dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai literatur ilmiah mengenai efektivitas model PjBL dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran fisika. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan observasi literatur sistematis dengan menganalisis 47 artikel ilmiah dari jurnal terindeks yang diterbitkan dalam kurun waktu 2015-2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dengan rata-rata peningkatan sebesar 37,8% (effect size d=0,84) dibandingkan metode konvensional. Secara spesifik, siswa menunjukkan peningkatan dalam indikator kelancaran sebesar 42,3%, fleksibilitas sebesar 35,6%,&nbsp; (keaslian) sebesar 31,7%, dan elaborasi sebesar 41,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL memberikan kontribusi dalam mengembangkan&nbsp; kreativitas siswa melalui mekanisme, pemecahan masalah, dan kebebasan bereksplorasi dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian ini menyediakan landasan, konseptualisasi dan empiris bagi pendidik dan peneliti untuk mengoptimalkan praktik pembelajaran berbasis proyek guna memfasilitasi kreativitas siswa dalam memahami konsep fisika.</span></span></p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1298 Analisis Tegangan Permukaan Air terhadap Perubahan Suhu dan Panjang Tali: Studi Praktikum Berbasis Cookbook 2025-06-17T02:05:08+00:00 Azrisa Mutia mutiaazrisa@gmail.com Ahmad Hafidudin ahmadhafidudin18@gmail.com Sonja Widya Aprillia sonjawidya2@gmail.com Wifa Alifatun Nisa wifalifatunisa@gmail.com Adam Malik adammalik@uinsgd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variasi suhu dan panjang tali terhadap nilai tegangan permukaan air melalui pendekatan praktikum menggunakan metode cookbook. Eksperimen dilakukan dengan mengatur dua tingkat suhu (26°C dan 42°C) serta tiga panjang tali berbeda (0,10 m; 0,18 m; dan 0,20 m), dengan masing-masing kombinasi diulang sebanyak empat puluh kali. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa semakin pendek tali yang digunakan, semakin tinggi nilai tegangan permukaan yang diperoleh, terlepas dari suhu air. Namun, ditemukan hasil yang tidak sesuai teori, yaitu tegangan permukaan air bersuhu lebih tinggi justru lebih besar daripada air bersuhu rendah. Ketidaksesuaian ini kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan alat pengukuran serta pengamatan visual yang kurang presisi. Walaupun demikian, kegiatan praktikum ini terbukti mampu memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep gaya permukaan serta meningkatkan keterampilan mereka dalam melakukan eksperimen dan analisis data.</p> Copyright (c) http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1277 Optimalisasi Pembelajaran Fisika melalui Intervensi bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar pada Materi Energi 2025-06-09T10:32:47+00:00 Maria Anthonyetta Vide Kireyna Susanto videkireyna2006@student.uns.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami mata pelajaran fisika pada materi energi. Kesulitan belajar ini seringkali berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep energi melalui intervensi pembelajaran yang dilakukan secara bertahap. Subjek penelitian terdiri atas empat orang siswa dari kelas X di SMA Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif dengan pengumpulan data melalui dua jenis penilaian selama intervensi berlangsung yakni melalui </span><em><span style="font-weight: 400;">pretetst </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">posttest</span></em><span style="font-weight: 400;">. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan nilai siswa selama masa intervensi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi pendampingan melalui intervensi bertahap memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa dalam materi energi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model intervensi ini efektif dalam membantu mengatasi kesulitan belajar fisika siswa pada materi energi.&nbsp;</span></p> Copyright (c)