Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam membangun Karakter Siswa di SMAN 8 Banjarmasin

Penulis

  • Wafiq Aulia Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i2.731

Kata Kunci:

Physical Education, Student Character, Sport

Abstrak

Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kontribusi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan karakter siswa di SMAN 8 Banjarmasin. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui peningkatan karakter siswa di SMAN 8 Banjarmasin.

Bahan dan metode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh murid kelas 10 yaitu ada 5 kelas, di kelas X1 ada 32 orang, X2 ada 32 orang, X3 ada 31 orang, X4 ada 30 orang dan X5 ada 30 orang. Dengan total sampel sebanyak 155 murid di kelas 10 SMAN 8 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan total sampling. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu survey dengan menggunakan koesioner dibagi melalui media google form untuk mempermudah pengumpulan data. Pertanyaan yang di buat dalam penelitian ini 1 – 4, pertanyaan yang di buat memiliki kategori dari sangat setuju mempunyai nilai skor 4, setuju mempunyai nilai skor 3, kurang setuju mempunyai nilai skor 2, dan sangat tidak setuju mempunyai nilai skor 1. Pengolahan data yang di kumpulkan diolah menggunakan Microsoft Excel, analisis data dilakukan dengan menghitung total skor untuk setiap indikator dan persentase dari jawaban responden tujuan analisis untuk menguji hipotesis yang diajukan tentang peran Pendidikan olahraga dalam peningkatan karakter siswa.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase dari 155 peserta didik seluruh kelas 10 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN, terdapat 5% indicator jujur, 5,23% indicator disiplin, 3,06% indicator percaya diri, 3,51% indicator santun,4,51% teliti dan cermat,6,13% Kerjasama,3,25% indicator peduli, 3,98% indicator toleransi, 2,15% indicator kreatif, dan 6,26% indicator bertanggung jawab.

Kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan karakter peserta didik melalui Pendidikan jasmani. Bahwa faktor bertanggung jawab pada peserta didik lebih tinggi, dari indikator lainnya, dan faktor Kerjasama peserta didik juga cenderung lebih mengikuti indikator bertanggung jawab. Karakter peserta didik dalam Pendidikan jasmani dapat di tingkatkan dari pertanggung jawaban peserta didik pentingnya memaksimalkan Pendidikan karakter sejak usia dini untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembentukan karakter peserta didik.

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Sari, W. A., Warni, H. ., & Arifin, S. . (2024). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam membangun Karakter Siswa di SMAN 8 Banjarmasin. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 4(2), 204-211. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i2.731