Permainan Tradisional Tapa Gala Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila

Penulis

  • Rabwan Satriawan STKIP Taman Siswa Bima
  • Khairul Amar STKIP Taman Siswa Bima
  • Ainun Fitriani STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.464

Kata Kunci:

Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Tujuan studi. Studi ini bertujuan untuk mendiskripsikan permainan tradisional tapa gala berbasis kearifan lokal sebagai penguatan karakter gotong royong dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila untuk peserta didik Sekolah Dasar.

Bahan dan metode. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur, dengan melakukan penelusuran literatur yang relevan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep permainan tradisional tapa gala berbasis kearifan lokal sebagai penguatan karakter gotong royong dalam implementasi profil pelajar pancasila.

Hasil. Pendidikan karakter gotongroyong dalam permainan tradisional tapa gala menunjukkan bahwa permainan tradisional tapa gala mengandung berbagai aspek pendidikan karakter gotongroyong. Permainan tradisional berpotensi untuk diaplikasikan dalam upaya untuk mencegah atau memperbaiki permasalahan menurunnya tingkat moral dan identitas kebangsaan, khususnya di kalangan generasi muda.

Kesimpulan. Permainan tradisional tapa gala yang berbasis kearifan lokal juga merupakan warisan budaya lokal yang harus dilestarikan oleh anak sebagai penguatan karakter gotong royong untuk mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila

Diterbitkan

2023-09-18

Cara Mengutip

Satriawan, R., Amar, K., & Fitriani, A. . (2023). Permainan Tradisional Tapa Gala Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236-242. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.464