Dampak Kemampuan Fisik, Mental, dan Kreatif Menggunakan Metode Pendidikan Kompetitif: Sebuah Studi pada Mahasiswa Teater di Fakultas Seni Rupa, Universitas Mosul

Penulis

  • Jamal Shukri Basim University of Mosul
  • Ahlam Dara Azez University of Al-Hamdaniya
  • Aqeel Majid Hamid University of Mosul

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i1.1054

Kata Kunci:

Metode Kompetitif, Kemampuan Fisik, Kemampuan Mental, Kemampuan Kreatif, Metode Pengajaran

Abstrak

Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak metode kompetitif terhadap pengembangan kemampuan fisik, mental, dan kreatif mahasiswa Jurusan Teater di Fakultas Seni Rupa Universitas Mosul.
Bahan dan metode. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa tahun pertama Jurusan Teater di Fakultas Seni Rupa tahun ajaran (2021-2022). Sampel penelitian berjumlah 10 mahasiswa. Peneliti menggunakan metode eksperimen untuk mengatasi masalah penelitian, dengan menggunakan desain kelompok homogen dengan tes awal dan akhir.
Hasil. Hasil penelitian yang paling penting adalah dampak metode kompetitif terhadap pengembangan kemampuan fisik, mental, dan kreatif mahasiswa Jurusan Teater di Fakultas Seni Rupa Universitas Mosul.
Kesimpulan. Peneliti menyimpulkan bahwa pendekatan kompetitif berhasil mengembangkan kemampuan fisik dan mental mahasiswa Jurusan Teater di Fakultas Seni Rupa Universitas Mosul. Penerapan pendekatan kompetitif tersebut dalam program pendidikan berkontribusi pada strategi transformatif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan menyelaraskan perjalanan akademis mereka menuju keunggulan profesional dan pribadi. Hal ini juga memupuk pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan ekspresi kreatif mereka. Para peneliti merekomendasikan penerapan metode kompetitif dalam pengajaran mata kuliah kebugaran fisik teater di Jurusan Teater di Sekolah Tinggi Seni Rupa.

Diterbitkan

2025-02-21

Cara Mengutip

Basim, J. S., Azez , A. D. ., & Hamid, A. M. . (2025). Dampak Kemampuan Fisik, Mental, dan Kreatif Menggunakan Metode Pendidikan Kompetitif: Sebuah Studi pada Mahasiswa Teater di Fakultas Seni Rupa, Universitas Mosul. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i1.1054