Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Program Sekolah Penggerak

Authors

  • Muhammad Zaidan Fahrezi Universitas Garut
  • Asep Angga Permadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.527

Keywords:

Karakter, Pancasila, Pembelajaran, Sekolah Penggerak

Abstract

Kurikulum merupakan bagian penting dari pekerjaan pendidikan. Kurikulum didefinisikan sebagai program yang ditawarkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter profil pelajar pancasila pada siswa dalam pembelajaran pjok sekolah penggerak di kabupaten garut. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMA Negri 8 Garut XI sebanyak 238 orang menggunakan teknik sampling total sampling. Dengan menggunakan instrumen penelitian ini adalah kuisioner (angket). Berdasarkan hasil uji hipotesis diatas, dapat dilihat bahwa jumlah responden (N) ada 238. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai Skewness sebesar -0,146 sedangkan nilai Kurtosis sebesar 1,205. Berdasarkan hasil analisis, jumlah data yang diperoleh dari Pengisian kuisioner telah terbukti bahwa terdapat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PJOK Sekolah Penggerak di Kab. Garut dengan hasil sebesar 90,46% diterapkannya profil pelajar pancasila dan sebesar 9,54% belum diterapkannya profil pelajar pancasila di sekolah penggerak Kab. Garut. Kabi. Garut menggunakan profil siswa pancasila dengan hasil hampir seluruhnya dan sedikit dari seluruhnya tidak mengadopsi profil siswa pancasila di sekolah mengemudi Kab. Garut.

Published

2023-11-27

How to Cite

Fahrezi, M. Z., & Angga Permadi, A. (2023). Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Program Sekolah Penggerak. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 167-173. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.527