Modifikasi Bola Besar: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Authors

  • Muhamad Thamrin Muzizat Universitas Garut
  • Asep Angga Permadi Universitas Garut
  • Azhar Ramadhana Sonjaya Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.502

Keywords:

Modifikasi, Pembelajaran, Bola Besar, Pendidikan Jasmani

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membangun kreatifitas dan gerak dasar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi bola terhadap keterampilan gerak dasar dan bermain siswa SMAN 11 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitia tindakan kelas. Modifikasi adalah suatu metode untuk membantu menyampaikan suatu proses pembelajaran atau memebrikan tujuan pembelajaran yang akan di berikan kepada peserta didik, modifikasi meliputi bentuk permainan, alat, dan proses pembelajaran lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 11 Garut, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa.  Penentu sampel dalam penelitian ini, menggunakan teknik cluster sampling. Untuk mengumpulkan data keterampilan bermain bola besar siswa penulis menggunakan observasi, dan untuk mengukur keterampilan bermain sepakbola siswa menggunakan tes game performance assessment instrument (GPAI). Kesimpulan dari hasil pengujian analisis data adalah bahwa modifikasi bola memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil gerak dasar dan permainan siswa dalam cabang olahraga sepak bola, basket, dan voli di SMAN 11 Garut sebesar 90,63%. Dari 32 siswa-siswi yang menjadi subjek penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh modifikasi bola terhadap keterampilan bermain dalam ketiga cabang olahraga tersebut sangat kuat.

Published

2023-12-03

How to Cite

Thamrin Muzizat, M. ., Permadi, A. A., & Ramadhana Sonjaya, A. . (2023). Modifikasi Bola Besar: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 174-190. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.502

Most read articles by the same author(s)