PENDAMPINGAN PESERTA DIDIK SDN 1 SURAKARTA DALAM MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) MELALUI SIMULASI ADAPTIF
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.645Kata Kunci:
Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Simulasi Adaptif, Peserta DidikAbstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan untuk membantu peserta didik SDN 1 Surakarta, salah satunya adalah pendampingan dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)
di Desa Surakarta. Peserta didik perlu memahami cara mengoperasikan keyboard, mouse, dan elemen penting lainnya dalam ujian tersebut. Simulasi adaptif merupakan solusi efektif dalam mendampingi peserta didik dalam menghadapi ANBK. Simulasi adaptif memungkinkan peserta didik belajar dan
berlatih menggunakan komputer dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan kemampuan individu masing-masing. Melalui simulasi adaptif, peserta didik dapat memperoleh pengalaman praktis dalam mengoperasikan komputer secara efektif dan efisien. Tujuan dari pengabdian ini adalah
meningkatkan pemahaman dan kesiapan peserta didik dalam menghadapi ANBK. Penelitian ini melibatkan peserta didik SDN 1 Surakarta serta tim pendamping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendampingan melalui simulasi adaptive. Pendampingan dilakukan kepada peserta
didik kelas 5 di SDN 1 Surakarta. Selama pendampingan, peserta didik diberikan pelatihan dan pendampingan menggunakan komputer. Hasil dari pelaksanaan program ini adalah meningkatnya pemahaman peserta didik mengenai jenis-jenis soal ANBK serta cara mengerjakannya.