PENGEMBANGAN UMKM SIWANG MELALUI PEMBUATAN LEGALITAS USAHA PENINGKATAN BRANDING PRODUK DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PASCA PANDEMI

Authors

  • Samsudin
  • Ahmad Jazuli Yahya
  • Ulfah Nurafifah
  • Ida Khamidah
  • Akbar Maulana

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.642

Keywords:

dampak covid-19, Eksistensi, Usaha mikro kecil dan menengah

Abstract

Pada bulan desember 2019 terjadi kasus kematian pnemonia yang misterius pertama kali dilaporkan di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada Desember 2019. Pada 12 Maret 2020 kemudian oleh WHO diumukan sebagai pandemi. Sampai tanggal 29 Maret 2020, terdapat 634.835 kasus dan 33.106 jumlah kematian di seluruh dunia.Virus Covid masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020. Indonesia pertama kali melaporkan Covid-19 sejumlah 2 kasus. dikedtahui berjumlah 1.528 kasus dan 136 kasus 18 kematian pada 31 Maret 2020. Tingkat mortalitas Covid-19 di Indonesia sebesar 8,9%, angka ini salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara. Dari dampak pandemic ini juga berpengaruh pada UMKM di Indonesia, dan salah satu yang terkena dampaknya Desa Bungko
Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Penellitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh dampak pandemic Covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya UMKM. Seperti yang kita ketahui bahwa kehadiran UMKM memiliki faktor penting dalam Masyarakat. Adanya pandemic covid-19 ini banyak pelaku UMKM harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan yang di timbulkan oleh pandemic covid-19, banyak pelaku usaha mengalami penurunan pembeli sehingga mengakibatkan penurusan omset penjualan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan terjuan langsung di lingkungan Masyarakat. Hasil penelitian menjelaskan tentang bagaimana keadaan UMKM saat ini yang mengalami resesi, dan bagaimana cara para pelaku UMKM untuk bisa mempertahankan usahanya.

Published

2024-05-14

How to Cite

Samsudin, Jazuli Yahya, A., Nurafifah, U., Khamidah, I., & Maulana, A. (2024). PENGEMBANGAN UMKM SIWANG MELALUI PEMBUATAN LEGALITAS USAHA PENINGKATAN BRANDING PRODUK DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PASCA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3, 235-245. https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.642