Analisis Penyebab Kurang Minat Belajar Siswa Di Mis Al-Khoeriyah Cilaya Bogor
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.998Kata Kunci:
Penyebab;, Minat Belajar;, MIS Al-Khoetiyah;Abstrak
Penyebab adalah penjelasan tentang faktor atau alasan yang menyebabkan terjadinya suatu peristiwa atau kejadian tertenntu. Minat belajar merupakan kecenderungan siswa untuk tertarik dan termotivasi terhadap suatu materi pembelajaran. Menurut Anderman dan Anderman (2016), minat belajar dapat dijelaskan sebagai keadaan psikologis yang mendorong seseorang untuk terlibat dalam aktivitas belajar. Penyebab kurangnya minat belajar siswa MIS Al-Khoeriyah Cilaya Bogor menjadi titik fokus dalam penelitian. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja penyebab yang mempengaruhi kurang minat belajar siswa di MIS AlKhoeriyah Cilaya. Peneliti juga merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu apa saja penyebab yang mempengaruhi kurang minat belajar siswa di MIS Al-Khoeriyah Cilaya Bogor. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Mis Al-Khoeriyah Cilaya Bogor. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan metode mewawancarai para guru serta siswa siswi di MIS Al-Khoeriyah Cilaya Bogor dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa siswa yang kurang mempunyai keinginan untuk belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi kurang minat belajar siswa di MIS Al-Khoeriyah Cilaya Bogor, yaitu dari faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternalnya yaitu metode pembelajaran yang digunakan guru yang kurang menarik