Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 1 Lemahabang
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.982Kata Kunci:
Model Belajar Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Tumbuhan, Sumber Kehidupan di BumiAbstrak
Dalam kegiatan pembelajaran, guru memerlukan metode pembelajaran yang tepat untuk keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem-based learning. Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada masalah. Dalam PBL, siswa diajak untuk belajar dengan mencari solusi atas masalah nyata yang autentik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mencoba memberikan solusi dan memecahkan masalah yang ada di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Lemahabang kecamatan Lemahabang kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL ternyata memberikan dampak yang baik kepada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Dari hasil pembelajaran hari pertama dan kedua sudah terlihat perkembangan nya, yaitu di hari pertama dari 30 siswa yang mendapatkan nilai sesuai atau di atas KKM yaitu hanya 8 siswa atau (26%) siswa, di hari kedua jumlah siswa yang mendapatkan nilai yang sesuai atau di atas KKM yaitu 15 siswa (50%) siswa, dan di hari berikutnya siswa yang mampu mendapatkan nilai sesuai atau di atas KKM yaitu 24 siswa atau (80%) ini artinya sudah 80% siswa yang telah mampu mencapai nilai yang sesuai atau di atas KKM.