Implementasi Aplikasi E-PUB Berbasis Android Utuk Peningkatan Hasil Belajar Penjas Di SMP Se-Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.966Kata Kunci:
Implementasi, E-pub, Android, Hasil belajarAbstrak
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan aplikasi e-pub berbasis Android.Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi aplikasi e-pub berbasis Android dalam meningkatkan hasil belajar Penjas di SMP se-Kota Kupang. Metode pengabdian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel pengabdian terdiri dari 120 siswa SMP di Kota Kupang yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi e-pub berbasis Android secara signifikan meningkatkan hasil belajar Penjas siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, aplikasi e-pub juga dinilai lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Pengabdian ini memberikan implikasi praktis bagi guru Penjas untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran.