Pendampingan Penguatan Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di DTA At-Taqwa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1229Kata Kunci:
Pendampingan Pembelajaran, Penguatan Akidah Akhlak, Karakter IslamiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendampingan pembelajaran dan penguatan pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa di DTA At-Taqwa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah field research dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan, termasuk keteladanan guru, penanaman kedisiplinan, pembiasaan aktivitas positif, dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, telah berhasil membentuk karakter Islami siswa. Keteladanan guru sebagai contoh perilaku baik sangat berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai disiplin dan moral. Selain itu, program-program pembiasaan seperti sholat dhuha berjamaah dan membaca Al-Qur'an sebelum pelajaran dimulai efektif dalam memperkuat nilai-nilai spiritual siswa. Penegakan kedisiplinan melalui sanksi bagi pelanggaran tata tertib juga berkontribusi pada pembentukan karakter yang lebih baik. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan melibatkan orang tua dalam proses pendidikan, DTA At-Taqwa berhasil memfasilitasi pengembangan karakter Islami yang positif di kalangan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan karakter di lembaga pendidikan Islam.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Roheni, Solihin, Asep Tatang Turnadi, Mualim Sirojudin, Jali

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.