Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Penulis

  • Mela Amalia Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Adiman Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Kota Cirebon, Indonesia
  • Sri Hastuti Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.75

Kata Kunci:

Model pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, IPA

Abstrak

Hasil belajar IPA siswa kelas V SD di kecamatan Gegesik tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar IPA ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat teacher centered dan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Siswa pun merasa bahwa IPA adalah mata pelajaran yang sulit, karena selain berhitung siswa juga harus menghafal. Berdasarkan hasil pendahuluan tersebut, peneliti merancang pembelajaran dengan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok bahasan alat pernapasan pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok bahasan alat pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Bayalangu Kidul. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Design dengan bentuk desain penelitiannya Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Sampel penelitian yang berjumlah 40 siswa, dibagi rata menjadi dua kelompok secara random (acak). Instrumen yang digunakan adalah soal tes bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 77,75 dan kelompok kontrol 58,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata pre-test dan posttest sebesar 63,32% dan kelompok kontrol 29,23%. Selain itu berdasarkan uji T memperoleh bahwa nilai
= 7,014 > ttabel= 2,024 maka
diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Bayalangu pada materi alat pernapasan pada manusia.

Referensi

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar offset.

Jihad, A. dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sholeh, A. (2015). Konsep dasar IPA. Bandung. Mujahid Press.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Diterbitkan

2020-03-31

Cara Mengutip

Amalia, M. ., Adiman, & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 1-5. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.75

Terbitan

Bagian

Articles