https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2024-12-20T15:47:48+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with <strong>LIPI</strong> with [<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1524415692" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534165910" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>] and has been nationally accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1c1kYmElZQGcwPR2hpKlq_6Im0_UlnzQi/view?usp=share_link"><strong>SINTA 5</strong> </a>based on <a href="https://drive.google.com/file/d/1N5xAk7qdLvBJPisGzMYtDfUeHfTvfFMB/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Number 164/E/KPT/2021</a>. JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by<strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8516" target="_blank" rel="noopener"> SINTA</a></strong>, <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <strong><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125634&amp;lang=en">Copernicus</a></strong>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1037 Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Metode Eksperimen Pada Materi Tekanan Kelas 9 SMP 2024-12-17T04:07:44+00:00 Nurazmi Nurazmi nurazmi@unismuh.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi tekanan di kelas 9 <strong>UPTD SMPN 1 Barru</strong> melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media ajar PhET. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep tekanan akibat keterbatasan penggunaan media ajar interaktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus yang melibatkan pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode eksperimen berbantuan media ajar PhET efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tekanan pada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ajar interaktif mampu menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.</p> Hak Cipta (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1035 perbandingan Perbandingan Efektivitas Alat Semprot Manual dan Mesin dalam Pengaplikasian Prinsip Bernouli: Studi Kasus di Kalangan Petani Cikole 2024-12-13T10:58:24+00:00 Najwa Khairun Nisa najwaknisa06@gmail.com <p>Penelitian ini membandingkan efektivitas alat semprot manual dan mesin dalam aplikasi penyemprotan pada lahan pertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sprayer mesin, seperti knapsack sprayer elektrik, lebih unggul dibandingkan sprayer manual dalam beberapa aspek. Penggunaan sprayer mesin meningkatkan efisiensi kerja dengan distribusi cairan yang lebih merata, mengurangi kelelahan operator, dan memungkinkan cakupan area hingga 1-2 hektar per jam. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk menyemprot satu hektar lahan menggunakan sprayer mesin adalah sekitar 30-45 menit. Selain itu, penggunaan sprayer mesin dapat mengoptimalkan penggunaan bahan kimia dengan mengurangi limbah akibat penyemprotan yang tidak merata hingga 20-30%. Dari segi biaya operasional jangka panjang, meskipun sprayer mesin memerlukan investasi awal yang lebih besar (sekitar 20-40% lebih tinggi dibandingkan sprayer manual), efisiensi yang dihasilkan dapat menekan biaya hingga 15-25% secara keseluruhan.</p> Hak Cipta (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1025 Perbandingan Konsep Fisika pada Jembatan Musi II Palembang 2024-12-09T16:05:13+00:00 Ketang Wiyono ketang_wiyono@fkip.unsri.ac.id Alya Faradila alyaafara22@gmail.com <p>Jembatan adalah struktur yang dirancang untuk menghubungkan dua area yang terpisah, seperti sungai dan memiliki beragam jenis desain berdasarkan kebutuhan dan kondisi geografis. Penelitian ini membandingkan konsep fisika pada Jembatan Musi II Palembang , yang mencakup struktur rangka baja (truss) pada jembatan lama dan melengkung (arch) pada jembatan duplikat. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif. Konsep fisika seperti kesetimbangan benda tegar, hukum III newton, tekanan dan distribusi beban serta momen gaya berperan penting dalam konstruksi jembatan dan Jembatan Duplikat Musi II lebih unggul dalam ketahanan karena konstruksinya yang berbentuk melengkung. Jembatan duplikat Musi II dengan desain lengkung menawarkan keunggulan dalam hal distribusi beban dan stabilitas</p> Hak Cipta (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1006 Efektifitas Panduan Praktikum GLBB Berbasis Outcome-Based Education untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Mahasiswa Pendidikan Fisika 2024-12-18T09:58:52+00:00 Hanifah Zakiya zakiyahanifah93@gmail.com Ryna Aulia Falamy zakiyahanifah93@gmail.com <p>Proses pengembangan skill mahasiswa yang berorientasi <em>Outcome Base Education</em> (OBE) dibentuk melalui kegiatan praktikum yang fokus pada pemetaan kompetensi-kompetensi yang mampu meningkatakan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini fokus pada pengembangan atau penyempurnaan panduan praktikum Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang sudah terintegrasi dengan kompetensi keterampilam praktis berorientasi OBE. Panduan praktikum ini dikembangkan dengan metode Model ADDIE yang tediri analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi pengembangan panduan praktikum dan kuisionare bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum berbasis OBE terbukti efektif meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa dengan kualifikasi berefek sedang. Sebanyak 89,05 % mahasiswa pendidikan fisika tahun pertama sangat setuju bahawa panduan praktikum berorientasi OBE dalam meningkatkan keterampilan praktis mereka. Indikator &nbsp;keterampilan praktis sebagai luaran yang dapat latihkan kepada mahasiswa melalui kegiatan praktikum ini yaitu keterampilan menggunakan alat dan teknik laboratorium, mampu menganalisis data eksperimen dan menarik kesimpulan yang logis, mampu dapat menyampaikan hasil eksperimen secara efektif, dan mampu mengidentifikasi masalah bersama solusinya.</p> 2024-09-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Hanifah Zakiya, Ryna Aulia Falamy https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1005 Mengapung di Sungai Musi: Memahami Prinsip Fisika pada Rumah Rakit Tradisional 2024-12-03T11:40:55+00:00 Salsabil Fardha Ramadita fardharsalsabil@gmail.com <p>Artikel ini membahas analisis konsep dinamika fluida yang terkandung dalam kearifan lokal rumah rakit di Palembang. Rumah rakit, sebagai salah satu bentuk adaptasi budaya terhadap lingkungan perairan, tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga mencerminkan penerapan prinsip-prinsip fisika, khususnya Hukum Archimedes, densitas, dan tekanan hidrostatis. Melalui pendekatan etnografi, penelitian ini menggambarkan bagaimana struktur bambu yang digunakan dalam pembuatan rumah rakit memiliki densitas lebih rendah dibandingkan air, sehingga memungkinkan rakit untuk mengapung. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya rumah rakit sebagai sumber belajar bagi siswa, mengaitkan konsep fisika dengan budaya lokal. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang dinamika fluida dan memberikan wawasan baru mengenai penerapan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Palembang.</p> Hak Cipta (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/892 Analisis Pengaruh Massa Benda Terhadap Sudut Elevasi, Ketinggian dan Jarak Lintasan Parabola Pada Simulasi PhET Menggunakan Model Inquiry 2024-11-02T05:10:37+00:00 wulan lestari Ulllestari134@gmail.com <p>Penelitian ini menganalisis pengaruh perubahan massa dan sudut elevasi terhadap jarak terjauh dan titik tertinggi suatu benda dalam gerak parabola. Dengan menggunakan simulasi PhET, eksperimen ini memfokuskan pada dua parameter utama yang menentukan karakteristik lintasan proyektil. Pada kondisi ideal tanpa hambatan udara, massa tidak memengaruhi jarak horizontal atau ketinggian maksimum benda, karena semua benda mengalami percepatan gravitasi yang sama. Namun, pada kondisi nyata dengan hambatan udara, benda yang lebih berat cenderung mengalami pengurangan hambatan relatif, memungkinkan jarak tempuh dan ketinggian yang lebih stabil dibandingkan benda yang lebih ringan. Selain itu, sudut elevasi memainkan peran penting dalam mencapai jarak horizontal terjauh dan titik tertinggi. Sudut 45° menghasilkan jarak horizontal maksimum karena keseimbangan optimal antara komponen horizontal dan vertikal kecepatan awal. Sementara itu, sudut mendekati 90° memungkinkan benda mencapai titik tertinggi dengan mengorbankan jarak horizontal.</p> Hak Cipta (c)