https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2025-10-18T13:27:44+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with <strong>LIPI</strong> with [<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1524415692" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534165910" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>] and has been nationally accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener"><strong>SINTA 4 </strong></a>based on <a title="the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education. Number 10/c/C3/DT.05.00/2025" href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener">the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Number 10/C/C3/DT.05.00/2025.</a> JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by<strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8516" target="_blank" rel="noopener"> SINTA</a></strong>, <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <strong><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125634&amp;lang=en">Copernicus</a></strong>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1542 E Eksperimen gelombang optik: kajian tentang mencari hubungan jarak benda,bayangan terhadap titik fokus 2025-10-18T13:27:44+00:00 Rafli Hakam saepudin Rafli hakam saepudin raflihks@gmail.com Adam Adam malik adammalik@uinsgd.ac.id denia maulana mauladenia20@gmail.com diana fitriawati fitriwatidiana161104@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman konsep pembentukan bayangan pada lensa dalam kajian gelombang optik, khususnya hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan yang masih sering menimbulkan miskonsepsi dalam pembelajaran fisika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan jarak benda dan jarak bayangan serta menentukan nilai titik fokus lensa cembung melalui eksperimen laboratorium. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan dengan memvariasikan jarak benda di depan lensa dan mengukur jarak bayangan yang terbentuk pada layar hingga diperoleh bayangan tajam. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa perubahan jarak benda menyebabkan perubahan posisi bayangan secara teratur sesuai dengan persamaan lensa tipis. Ketika jarak benda diperbesar, jarak bayangan semakin mendekati titik fokus. Nilai titik fokus rata-rata yang diperoleh dari percobaan adalah sekitar 15 cm. Hasil ini membuktikan bahwa jarak benda dan jarak bayangan saling berhubungan secara tidak langsung, namun titik fokus merupakan karakteristik tetap lensa. Temuan penelitian ini memperkuat pemahaman teori optika geometris dan dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran berbasis eksperimen.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> lensa cembung, jarak benda, jarak bayangan, titik fokus</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1536 E Eksperimen Getaran Pegas : kajian tentang mencari hubungan antara periode pegas terhadap beban 2025-10-18T02:03:56+00:00 Rafli Hakam saepudin Rafli hakam saepudin raflihks@gmail.com Adam Adam malik adammalik@uinsgd.ac.id Denia maulana mauladenia20@gmail.com Diana Diana fitriawati fitriwatidiana161104@gmail.com <p>This study was motivated by the importance of understanding spring vibration phenomena in mechanical dynamics, particularly the relationship between load mass and oscillation period, which is often misunderstood in basic physics learning. This research aims to analyze the relationship between the oscillation period of a spring and variations in load mass through a laboratory experiment. The study employed a quantitative experimental design. Data were collected by measuring the time of ten oscillations for each load variation, and the average period was calculated. The results showed that the oscillation period increases as the load mass increases. A 50-gram mass produced an average period of approximately 0.541 seconds, while a 100-gram mass produced an average period of approximately 0.651 seconds. These findings indicate that the oscillation period is directly proportional to the square root of the load mass, consistent with the characteristics of simple harmonic motion. The results contribute to reinforcing the theoretical understanding of mass influence in spring vibration systems and support physics education related to mechanical oscillations.</p> <p><strong>Keywords:</strong> spring vibration, oscillation period, load mass, physics experiment</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1500 E Eksperimen Penjumlahan Vektor Gaya :Hubungan antara Variasai Sudut Terhadap Besarnya Gaya 2025-10-02T13:54:42+00:00 Rafli Hakam saepudin Rafli hakam saepudin raflihks@gmail.com <pre><span class="y2iqfc"><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif;">In this experiment, we discovered the relationship between variations in angle and the magnitude of force. The independent variable was the angle, and the fixed variable was the mass load. The purpose of this experiment was to discover the relationship between angle and force generated using mechanical devices, as well as to improve students' understanding. In this experiment, a quantitative approach was used. The results of the experiment showed that the angle is directly proportional to the forces F1 and F2 acting directly on the mass load. This experiment has an impact on improving students' understanding of mechanics.</span></span></pre> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1497 Eksperimen Gerak Jatuh Bebas: Kajian Hubungan Jarak dan Waktu dalam Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi 2025-10-18T13:26:34+00:00 Diana Fitriwati fitriwatidiana161104@gmail.com Rafli Hakam Sepudin raflihks@gmail.com Denia Maulani Hindasah mauladenia20@gmail.com Adam Malik adammalik@uinsgd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara jarak dan waktu dalam gerak jatuh bebas serta menentukan percepatan gravitasi bumi secara eksperimental. Metode yang digunakan adalah eksperimen deskriptif dengan mengukur waktu jatuh sebuah bola kecil dari beberapa ketinggian yang telah ditentukan secara vertikal. Pengukuran waktu dilakukan menggunakan stopwatch digital dengan ketelitian tinggi dan diulang beberapa kali untuk memperoleh data yang valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan memplot grafik jarak terhadap kuadrat waktu, kemudian dilakukan regresi linear untuk menentukan gradien garis lurus. Nilai percepatan gravitasi bumi (g) dihitung berdasarkan gradien tersebut menggunakan persamaan gerak lurus berubah beraturan. Hasil eksperimen menunjukkan adanya hubungan kuadrat yang signifikan antara jarak dan waktu jatuh, sesuai dengan teori gerak jatuh bebas. Nilai percepatan gravitasi yang diperoleh mendekati nilai standar 9,8 m/s², meskipun terdapat sedikit variasi akibat faktor eksternal seperti hambatan udara dan ketelitian alat ukur. Penelitian ini menegaskan bahwa eksperimen gerak jatuh bebas merupakan metode yang efektif dan praktis untuk menentukan percepatan gravitasi bumi serta memberikan pengalaman belajar yang penting dalam pendidikan fisika.</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1421 Pengembangan Media Pembelajaran EBOT (Explosion Box of Thermodynamics) untuk Meningkatkan Sikap Peserta Didik Terhadap Fisika 2025-08-22T16:13:57+00:00 reni reni revibekeh14@gmail.com Asep Irvan Irvani irvan.irvani@uniga.ac.id Resti Warliani restiwarliani@uniga.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media pembelajaran serta mengetahui peningkatan sikap peserta didik terhadap fisika dengan mengembangkan media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>). Subjek pada penelitian ini adalah pendidik fisika, peserta didik dan validator ahli materi dan ahli media, sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>).&nbsp; Pengembangan ini menggunakan metode campuran (<em>mix methode</em>) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh jumlah nilai rata-rata indeks variabel sebesar 0.86, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh jumlah nilai rata-rata indeks variabel sebesar 0.79. sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) valid dan layak untuk diimplementasikan. Untuk mengetahui peningkatan sikap peserta didik terhadap fisika nilai rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah mengguakan media EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) dianalisis dengan menggunakan analisis uji <em>N-Gain</em> dan diperoleh nilai N-Gain sebesar 0.77 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) ini dapat meningkatkan sikap peserta didik terhadap fisika.</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1387 Korelasi aktivitas matahari dan angin surya terhadap badai geomagnetik serta variabilitas ionosfer di Pontianak 2025-08-22T16:12:04+00:00 veranica veranicamanna057@gmail.com Copyright (c)