https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2025-07-16T00:19:06+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with <strong>LIPI</strong> with [<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1524415692" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534165910" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>] and has been nationally accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener"><strong>SINTA 4 </strong></a>based on <a title="the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education. Number 10/c/C3/DT.05.00/2025" href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener">the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Number 10/C/C3/DT.05.00/2025.</a> JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by<strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8516" target="_blank" rel="noopener"> SINTA</a></strong>, <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <strong><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125634&amp;lang=en">Copernicus</a></strong>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1365 Kontruksi Dan Uji Coba Alat Pengumpan Ikan Dengan Sistem Pelontar Bergerak 2025-07-16T00:19:06+00:00 Asep Kostajaya asepkostajaya@gmail.com Iskandariah Iskandariah iskandariah@gmail.com Deden Muhamad Nurdin deden@gmail.com Amar Maulana Maulana@gmail.com Maulana Hadijaya Hadijaya@gmail.com Ruspendi Ruspendi ruspendi680@gmail.com Billi Rifa Kusumah billirifa.kusumah@gmail.com Muhamad Sidiq Ali Ali@gmail.com Lusia Cipto Astuti astuti.lc@gmail.com Nurul Ekawati exa.nta@unucirebon.ac.id Teni Novianti novianti@gmail.com <p>Budidaya ikan memainkan peran penting dalam industri perikanan, dengan kontribusi besar terhadap penyediaan protein hewani dan pertumbuhan ekonomi. Namun, metode pemberian pakan secara tradisional yang dilakukan secara manual sering kali tidak efisien, mengakibatkan distribusi pakan yang tidak merata dan pertumbuhan ikan yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat pengumpan ikan portabel dengan sistem pelontar bergerak untuk mengatasi tantangan ini. Menggunakan metode eksperimental, alat pengumpan ini menggabungkan screw auger, dispenser bermotor, dan mekanisme osilasi yang dikendalikan oleh Arduino Nano ESP32, memastikan distribusi pakan yang tepat dan luas. Parameter kunci seperti desain kontainer pakan, mekanika pengumpanan, dan dinamika pelontar osilasi diidentifikasi dan dioptimalkan. Pengujian menunjukkan akurasi tinggi dalam deteksi level pakan (100%), konsistensi laju pengumpanan (4,98 g/detik), jangkauan penyebaran pakan yang efektif (1,58 meter), dan efisiensi energi (2,8 Wh). Sistem kontrol aplikasi real-time terbukti responsif (0,8 detik), memastikan manajemen pakan yang optimal. Teknologi yang dikembangkan meningkatkan efisiensi pemberian pakan, mengurangi tenaga kerja, mendorong pertumbuhan ikan yang seragam, mengurangi stres, dan mendukung budidaya ikan yang berkelanjutan. Penelitian lanjutan akan fokus pada pengujian jangka panjang dalam berbagai kondisi untuk memastikan kinerja dan keandalan yang berkelanjutan.</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1341 Analisis Kebutuhan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Fisika Studi Kasus pada Materi Energi Terbarukan 2025-07-09T05:21:34+00:00 Rahma Amelia Oktapiani ameliaoktapiani.0810@gmail.com Iwan Permana Suwarna iwan.permana.suwarna@uinjkt.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran digital berupa E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) pada materi energi terbarukan dalam pembelajaran Fisika tingkat SMA. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan metode campuran menggunakan desain sekuensial eksplanatori, dimulai dari data kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan dilanjutkan dengan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian di MA Nurussaadah menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan cukup tinggi dalam memahami materi energi terbarukan yang bersifat abstrak, dengan rata-rata skor 3,77 untuk tingkat kesulitan. Siswa menyatakan bahwa penjelasan yang sederhana, kontekstual, serta penggunaan contoh nyata sangat membantu dalam memahami materi. Minat terhadap media pembelajaran interaktif khususnya E-LKPD, juga tergolong tinggi dengan skor 3,19. Selain itu, tampilan visual menarik dan fitur kolaboratif seperti tugas kelompok dalam LKPD turut meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Data ini mengindikasikan bahwa pengembangan media pembelajaran perlu mempertimbangkan aspek pedagogis (kebutuhan siswa dan materi), teknis (akses dan perangkat), dan psikologis (motivasi dan gaya belajar). Oleh karena itu, E-LKPD yang dikembangkan harus interaktif, kontekstual, dan mendukung kolaborasi untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pembelajaran Fisika. Temuan ini diharapkan menjadi landasan bagi pengembangan media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan siswa dan tantangan pembelajaran abad ke-21.</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1338 Simulasi Desain dan Uji Prototipe Pengumpan Ikan Portabel dengan Sistem Pelontar Osilasi 2025-07-07T23:54:03+00:00 Asep Kostajaya asepkostajaya@gmail.com Iskandariah Iskandariah iskandariah@gmail.com Deden Muhamad Nurdin deden@gmail.com Amar Maulana Maulana@gmail.com Maulana Hadijaya Hadijaya@gmail.com Ruspendi Ruspendi ruspendi680@gmail.com Billi Rifa Kusumah billirifa.kusumah@gmail.com Muhamad Sidiq Ali Ali@gmail.com Lusia Cipto Astuti astuti.lc@gmail.com <p>Penelitian ini mengembangkan sistem pengumpan ikan portabel menggunakan mekanisme pelontar osilasi (gerakan kiri-kanan) untuk meningkatkan distribusi pakan secara merata di area pengumpanan. Sistem ini menggunakan motor stepper untuk memutar kincir pelontar dan motor servo untuk menggerakkan kincir secara horizontal. Desain sistem diuji dengan simulasi dinamik fluida (CFD) untuk menganalisis distribusi pakan berdasarkan sudut osilasi dan kecepatan motor. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sudut osilasi 90° dan kecepatan motor 10 RPM memberikan distribusi pakan yang optimal dengan jangkauan hingga 3 meter. Pengujian prototipe mengonfirmasi hasil tersebut dengan sedikit perbedaan pada jangkauan pakan. Sistem ini dioptimalkan dengan mengatur kecepatan motor dan sudut osilasi untuk memastikan distribusi pakan yang merata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengumpan ikan dengan pelontar osilasi dapat meningkatkan efisiensi pemberian pakan pada akuakultur</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1332 JPFS Penerapan Model Inkuiri dalam Pemahaman Konsep Sifat Gas Melalui Simulasi PhET Gas Properties 2025-07-01T19:31:43+00:00 Muhammad Raysa Haqiqi Haqiqi mhnmdryshqq@gmail.com Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1307 Rancang Bangun Perangkat Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Otomatis Berbasis mikrokontroler 2025-06-19T15:18:54+00:00 Robin Mahendra rbnmhndra23@gmail.com <p>Gerak jatuh bebas merupakan salah satu fenomena fisika yang termasuk dalam kelompok GLBB. Gerak jatuh bebas diartikan sebagai gerak benda yang jatuh dari ketinggian tertentu tanpa adanya kecepatan awal dan hanya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi. Penentuan gravitasi dari gerak jatuh bebas sering kali dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat eksperimen berbasis mikrokontroler NodeMCU yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik dan sensor inframerah guna mempermudah akuisisi data waktu dan ketinggian secara otomatis. perangkat ini memungkinkan data diakses melalui alamat IP dan ditampilkan secara real-time pada halaman <em>website</em>. Kinerja perangkat eksperimen ini kemudian dibandingkan dengan metode video tracker. Hasil menunjukkan bahwa perangkat eksperimen menghasilkan nilai percepatan gravitasi sebesar 10,533 m/s2 dengan %<em>error</em> sebesar 7,897&nbsp; %akurasi sebesar 92,103% dan %presisi sebesar 1,827% berdasarkan 10 kali pengulangan. Sementara itu, nilai percepatan gravitasi yang diperoleh dari aplikasi video tracker adalah sebesar 11,322 m/s² dengan %<em>error</em> sebesar 15,760%, %akurasi sebesar 84,240% dengan standar deviasi 2,055. Berdasarkan hasil tersebut, perangkat eksperimen berbasis mikrokontroler dinilai lebih presisi, akurat, dan praktis dalam mengukur percepatan gravitasi melalui gerak jatuh bebas.</p> Copyright (c) https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1306 Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Terhadap Hasil Belajar : Systematic Literature Review (SLR) 2025-06-19T12:27:27+00:00 Elman Ikhtiar Ronaldo Waruwu elmanwaruwu@gmail.com Muhammad Nur Farrizqi mnurfarrizqi@gmail.com Desnita desnita@fmipa.unp.ac.id Akmam *akmam_db@fmipa.unp.ac.id <p>Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis perkembangan dan efektivitas media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR). Kajian dilakukan terhadap berbagai artikel ilmiah nasional dan internasional yang diterbitkan dalam rentang waktu tertentu dan memenuhi kriteria inklusi yang telah ditentukan. Fokus utama dari analisis ini mencakup jenis media interaktif yang digunakan, karakteristik desain media, pendekatan pedagogis yang mendasarinya, serta dampaknya terhadap pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa media interaktif seperti simulasi berbasis komputer, aplikasi berbasis Android, augmented reality (AR), dan video interaktif mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman konseptual dalam pembelajaran fisika. Selain itu, pemanfaatan teknologi yang dikombinasikan dengan pendekatan konstruktivis terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi guru, peneliti, dan pengembang media untuk merancang strategi pembelajaran fisika yang inovatif dan berbasis teknologi.</p> Copyright (c)