Meta Analisis: Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Pembelajaran IPA

Penulis

  • Nur Hayunnita Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Yuliani Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Nasir Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.443

Kata Kunci:

Meta analisis, Google sites, Media Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sampai saat ini masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan walaupun siswa sudah belajar IPA sejak di bangku Sekolah Dasar (SD), oleh karena itu diperlukan media yang dapat membantu siswa untuk  meningkatkan kualitas belajar. Salah satunya dengan memberikan media pembelajaran Google Sites pada pembelajaran IPA. Tujuan dari meta analisis ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Google Sites Pada Pembelajaran IPA. Metode penelitian meta analisis ini terdiri dari merumuskan masalah, mengumpulkan data (studi), pengkodean data, dan menganalisis data dan interpretasi. Dari hasil pencarian artikel diperoleh 20 artikel pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA. Terdapat 7 artikel yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan: ketika proses pembelajaran menggunakan Google sites pada pembelajaran IPA. Ulasan ini mengungkapkan bahwa ada efek positif yang kuat dari pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil meta analisis diperoleh effect size dari pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA sebesar 1,6 yang tergolong tinggi yaitu 95%.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Hayunnita, N., Yuliani, H., & Nasir, M. . (2023). Meta Analisis: Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(2), 89-99. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.443

Terbitan

Bagian

Articles