Efektifitas Panduan Praktikum GLBB Berbasis Outcome-Based Education untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Mahasiswa Pendidikan Fisika

outcome-based education, practicum guide, practical skills.

Penulis

  • Hanifah Zakiya Universitas Lampung
  • Ryna Aulia Falamy Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1006

Kata Kunci:

Outcome Based Education, Panduan Praktikum, Keterampilan Praktis

Abstrak

Proses pengembangan skill mahasiswa yang berorientasi Outcome Base Education (OBE) dibentuk melalui kegiatan praktikum yang fokus pada pemetaan kompetensi-kompetensi yang mampu meningkatakan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini fokus pada pengembangan atau penyempurnaan panduan praktikum Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang sudah terintegrasi dengan kompetensi keterampilam praktis berorientasi OBE. Panduan praktikum ini dikembangkan dengan metode Model ADDIE yang tediri analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi pengembangan panduan praktikum dan kuisionare bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum berbasis OBE terbukti efektif meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa dengan kualifikasi berefek sedang. Sebanyak 89,05 % mahasiswa pendidikan fisika tahun pertama sangat setuju bahawa panduan praktikum berorientasi OBE dalam meningkatkan keterampilan praktis mereka. Indikator  keterampilan praktis sebagai luaran yang dapat latihkan kepada mahasiswa melalui kegiatan praktikum ini yaitu keterampilan menggunakan alat dan teknik laboratorium, mampu menganalisis data eksperimen dan menarik kesimpulan yang logis, mampu dapat menyampaikan hasil eksperimen secara efektif, dan mampu mengidentifikasi masalah bersama solusinya.

Referensi

Adine, S. P. (2020). Implementasi konsep kampus merdeka belajar di perguruan tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ariantara, R. G., Sholihat, F. N., Susanti, H., Nugraha, M. G., & Kirana, K. H. (2017). Optimalisasi Eksperimen Kereta Dinamika:“Aplikasi Tracker Vs Ticker Timer” Untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Council, N. R., Education, B. on S., Standards, N. C. on S. E., & Assessment. (1995). National science education standards. National Academies Press.

Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177

Fiandi, A. (2023). Konsep Outcome Based Education (OBE) Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 73–77.

Fitria Handayani, D. (2023). Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Berbasis Outcome Based Education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6.

Gede Agus Jaya Negara, Ni Rai Vivien Pitriani, & Luh Putu Widya Fitriani. (2024). Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dengan Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68767

Imanuddin, I., Fatmawati, A., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Praktikum di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Authentic Research, 3(1), 25–48. https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.2009

Jané, M. B., Xiao, Q., Yeung, S. K., Ben-Shachar, M. S., Caldwell, A. R., Cousineau, D., Dunleavy, D. J., Elsherif, M., Johnson, B. T., & Moreau, D. (2024). Guide to effect sizes and confidence intervals. DOI: Https://Doi. Org/10.17605/OSF. IO/D8C4G.

Katawazai, R. (2021). Implementing outcome-based education and student-centered learning in Afghan public universities: the current practices and challenges. Heliyon, 7(5).

Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). Outcome Based Education pada Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 595–606.

Orth, U., Meier, L. L., Bühler, J. L., Dapp, L. C., Krauss, S., Messerli, D., & Robins, R. W. (2024). Effect size guidelines for cross-lagged effects. Psychological Methods, 29(2), 421.

Popovic, C. (2013). Teaching for quality learning at university.(2nd Edn.). Taylor & Francis.

Sobri, M., Zainul Mustofa, A. M., & Yusup, A. (2024). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Ünal, C., & Özdemir, Ö. F. (2013). A Physics Laboratory Course Designed Using Problem-Based Learning for Prospective Physics Teachers. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 29–33.

Yessi, M. (2021). Pedagogical Content Knowledge (Pck) dalam pemilihan media pembelajaran yang relevan. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SN-KPK), 12, 176–190.

Yusnaldi, E., Zunidar, Z., Siregar, N., & Yumni, A. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1321. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25926

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Zakiya, H., & Falamy, R. A. (2024). Efektifitas Panduan Praktikum GLBB Berbasis Outcome-Based Education untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Mahasiswa Pendidikan Fisika: outcome-based education, practicum guide, practical skills . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(2), 69-74. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1006

Terbitan

Bagian

Articles