Efektifitas Panduan Praktikum GLBB Berbasis Outcome-Based Education untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Mahasiswa Pendidikan Fisika
outcome-based education, practicum guide, practical skills.
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1006Kata Kunci:
Outcome Based Education, Panduan Praktikum, Keterampilan PraktisAbstrak
Proses pengembangan skill mahasiswa yang berorientasi Outcome Base Education (OBE) dibentuk melalui kegiatan praktikum yang fokus pada pemetaan kompetensi-kompetensi yang mampu meningkatakan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini fokus pada pengembangan atau penyempurnaan panduan praktikum Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang sudah terintegrasi dengan kompetensi keterampilam praktis berorientasi OBE. Panduan praktikum ini dikembangkan dengan metode Model ADDIE yang tediri analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi pengembangan panduan praktikum dan kuisionare bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum berbasis OBE terbukti efektif meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa dengan kualifikasi berefek sedang. Sebanyak 89,05 % mahasiswa pendidikan fisika tahun pertama sangat setuju bahawa panduan praktikum berorientasi OBE dalam meningkatkan keterampilan praktis mereka. Indikator keterampilan praktis sebagai luaran yang dapat latihkan kepada mahasiswa melalui kegiatan praktikum ini yaitu keterampilan menggunakan alat dan teknik laboratorium, mampu menganalisis data eksperimen dan menarik kesimpulan yang logis, mampu dapat menyampaikan hasil eksperimen secara efektif, dan mampu mengidentifikasi masalah bersama solusinya.
Referensi
Adine, S. P. (2020). Implementasi konsep kampus merdeka belajar di perguruan tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ariantara, R. G., Sholihat, F. N., Susanti, H., Nugraha, M. G., & Kirana, K. H. (2017). Optimalisasi Eksperimen Kereta Dinamika:“Aplikasi Tracker Vs Ticker Timer” Untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
Council, N. R., Education, B. on S., Standards, N. C. on S. E., & Assessment. (1995). National science education standards. National Academies Press.
Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Fiandi, A. (2023). Konsep Outcome Based Education (OBE) Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 73–77.
Fitria Handayani, D. (2023). Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Berbasis Outcome Based Education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6.
Gede Agus Jaya Negara, Ni Rai Vivien Pitriani, & Luh Putu Widya Fitriani. (2024). Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dengan Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68767
Imanuddin, I., Fatmawati, A., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Praktikum di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Authentic Research, 3(1), 25–48. https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.2009
Jané, M. B., Xiao, Q., Yeung, S. K., Ben-Shachar, M. S., Caldwell, A. R., Cousineau, D., Dunleavy, D. J., Elsherif, M., Johnson, B. T., & Moreau, D. (2024). Guide to effect sizes and confidence intervals. DOI: Https://Doi. Org/10.17605/OSF. IO/D8C4G.
Katawazai, R. (2021). Implementing outcome-based education and student-centered learning in Afghan public universities: the current practices and challenges. Heliyon, 7(5).
Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). Outcome Based Education pada Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 595–606.
Orth, U., Meier, L. L., Bühler, J. L., Dapp, L. C., Krauss, S., Messerli, D., & Robins, R. W. (2024). Effect size guidelines for cross-lagged effects. Psychological Methods, 29(2), 421.
Popovic, C. (2013). Teaching for quality learning at university.(2nd Edn.). Taylor & Francis.
Sobri, M., Zainul Mustofa, A. M., & Yusup, A. (2024). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
Ünal, C., & Özdemir, Ö. F. (2013). A Physics Laboratory Course Designed Using Problem-Based Learning for Prospective Physics Teachers. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 29–33.
Yessi, M. (2021). Pedagogical Content Knowledge (Pck) dalam pemilihan media pembelajaran yang relevan. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SN-KPK), 12, 176–190.
Yusnaldi, E., Zunidar, Z., Siregar, N., & Yumni, A. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1321. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25926
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Hanifah Zakiya, Ryna Aulia Falamy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.