Pengembangan Hydraulic System Conceptual Test (HySCT) Berformat Three Tier Test

Authors

  • Dewi Yulianawati Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Kota Cirebon, Indonesia
  • Lilik Hasanah Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia
  • Achmad Samsudin Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.73

Keywords:

Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Three Tier Test

Abstract

Konsepsi siswa pada sistem hidrolik merupakan hal penting dalam memahami konsep fluida statis secara komprehensif. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya suatu tahapan untuk mengungkap konsepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik Hydraulic System Conceptual Test (HySCT) dalam bentuk theree tier. Metode penelitian yang digunakan yaitu 4D, terdiri dari beberapa langkah, meliputi: Defining, Designing, Developing, dan Disseminating. HySCT diujikan pada 32 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HySCT yang berformat three tier dapat mendiagnosis level konsepsi siswa pada sistem hidrolik dengan kategori understanding, partial understanding, misconception, no understanding, dan uncode.

Published

2019-09-09

How to Cite

Yulianawati, D., Hasanah, L., & Samsudin, A. . (2019). Pengembangan Hydraulic System Conceptual Test (HySCT) Berformat Three Tier Test. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 80-85. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.73

Issue

Section

Articles