The Effectiveness Of Animated Video-Based Learning Media On Student Learning Outcomes At SMA Negeri 5 Kendari Abstract

Authors

  • Melati Melati IAIN Kendari
  • Zainuddin Zainuddin IAIN Kendari
  • Hasrin Lamote IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.576

Keywords:

Animated Video Media; Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 orang siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sampale t Test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran Fisika berbasis video animasi terlaksana secara efektif. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 0,592 > ttabel = 2,000 3) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran di SMA 5 Negeri Kendari. Hasil pengujian  hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 3,257 > ttabel = 2,000 dan hasil pengujian  hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 8,204 > ttabel = 2,000. 4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan pembelajaran di SMA Negeri 5 Kendari dengan perolehan nilai thitung = 4,350 > ttabel = 2,000.

References

Angreini, D., Muhidin, & Nurlina. (2020). Pengaruh Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Jurnal Pendidikan, 4(1), 48.

Febriana, R., & Yulianti, Y. (2021). Penerapan Video Tutorial Restaurant Mise En Place untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Halmuniati, Riswandi, D., Zainudin, Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. JIPI, 6(4).

Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kahfi, M., Setiawati, W., Ratnawati, Y., & Saepuloh, A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(8).

Nasution, E. (2021). Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Usuludin Adab Dan Dakwah IAIN Ambon, 8(1).

Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2).

Rahman, E. P., Asrul, & Ramadhani, I. A. (2019). Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama. Jurnal Pendidikan, 7(2).

Zamzami, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Slideshow Animation) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII MTSN 1 Blitar. IAIN Tulungagung.

Published

2024-03-31

How to Cite

Melati, M., Zainuddin, Z., & Lamote, H. (2024). The Effectiveness Of Animated Video-Based Learning Media On Student Learning Outcomes At SMA Negeri 5 Kendari Abstract. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(1), 42-50. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.576

Issue

Section

Articles