The Effectiveness Of Animated Video-Based Learning Media On Student Learning Outcomes At SMA Negeri 5 Kendari Abstract
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.576Keywords:
Animated Video Media; Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 orang siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sampale t Test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran Fisika berbasis video animasi terlaksana secara efektif. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 0,592 > ttabel = 2,000 3) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran di SMA 5 Negeri Kendari. Hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 3,257 > ttabel = 2,000 dan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 8,204 > ttabel = 2,000. 4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan pembelajaran di SMA Negeri 5 Kendari dengan perolehan nilai thitung = 4,350 > ttabel = 2,000.
References
Angreini, D., Muhidin, & Nurlina. (2020). Pengaruh Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Jurnal Pendidikan, 4(1), 48.
Febriana, R., & Yulianti, Y. (2021). Penerapan Video Tutorial Restaurant Mise En Place untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Halmuniati, Riswandi, D., Zainudin, Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. JIPI, 6(4).
Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Kahfi, M., Setiawati, W., Ratnawati, Y., & Saepuloh, A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(8).
Nasution, E. (2021). Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Usuludin Adab Dan Dakwah IAIN Ambon, 8(1).
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2).
Rahman, E. P., Asrul, & Ramadhani, I. A. (2019). Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama. Jurnal Pendidikan, 7(2).
Zamzami, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Slideshow Animation) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII MTSN 1 Blitar. IAIN Tulungagung.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Melati Melati, Zainuddin Zainuddin, Hasrin Lamote
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.