Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum Archimedes Menggunakan Pendekatan STEM
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325Keywords:
Hukum Archimides, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan STEMAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes menggunakan pendekatan STEM. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre experiment dengan rancangan one shot pretest-posttest group. Sampel penelitian dipilih satu kelas secara acak dari lima kelas di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut. Data kemampuan pemecahan masalah diambil dari hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berbentuk soal uraian pada topik hukum Archimedes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah tertinggi terdapat pada indikator memfokuskan masalah dan peningkatan paling rendah terdapat pada indikator mengevaluasi solusi. Secara umum, peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes setelah diterapkannya Pendekatan STEM yang diintegrasikan dengan model pembelajaran experiential Kolb termasuk dalam kategori sedang.
References
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Approaches. United Stated of America: SAGE Publications.
Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.
Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., dan Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eight Edition. New York: McGrow Hill Company.
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Associations Division Measurement and Research Methodology. Diakses dari http://www.physics.indiana.edu/ ~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Lestari, I.F. (2017). Model Pembelajaran Experiential Kolb untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding SNIPS, hlm 320-325.
Lestari, I.F. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa pada Konsep Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 13 (1), hlm. 103-109.
Lestari, I.F., & Muhajir, S.N. (2021). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, Vol. 1 (1), hlm. 103-109.
Martin, M, O., Ina V.S Mullis., Pierre, F., & Martin, H. (2015). TIMSS 2015. International Results in Science.
Purwanto, Rudi. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Hukum Archimedes. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 8(1), hlm 17-28.
Sumiantari, N.L.E, Suardana, I.N., Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 2(1), hlm 12-22.
Quang, L.X. dkk. (2015). Integrated Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Education through Active Experience of Designing Technical Toys in Vietnamese Schools. British Journal of Education, Society and Behaviuoral Science, 11(2), hlm. 1-12.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Isti Fuji Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.