PENGEMBANGAN SKALA LIKERT UNTUK MENGUKUR SIKAP TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Suciati Rahayu Widyastuti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Abstract

Penilaian autentik merupakan model penilaian yang digunakan guru dalam menilai seiring diberlakukannya Kurikulum 2013. Penilaian autentik digunakan pada setiap jenjang pendidikan termasuk pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penerapan sistem penilaian autentik yang variatif dan berbeda dari sistem penilaian sebelumnya dapat mengiring siswa pada kecenderungan tertentu. Kecenderungan tersebut dapat timbul karena ada bagian-bagian yang berbeda dan  membuat siswa sulit bersikap netral serta akan bereaksi suka atau tidak suka. Reaksi suka dan tidak suka tersebut diartikan sebagai sikap. Oleh karena itu dirasakan penting untuk mengetahui mengenai sikap siswa terhadap penilaian autentik yang diterapkan selama pembelajaran. 

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan skala Likert untuk mengukur sikap terhadap pelakanaan penilaian autentik siswa Sekolah Menengah Pertama pada pelajaran matematika. Metode penelitian yang akan digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan  (R & D) menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, end Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian keterbacaan butir, dan skala Likert untuk mengukur sikap terhadap pelakanaan penilaian autentik siswa sekolah menengah pertama pada pelajaran matematika. Lokasi penelitian dan pengembangan produk dilakukan di 14 Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Cirebon yang sudah menerapkan sistem penilaian autentik.

Luaran penelitian ini berupa produk dari skala sikap siswa terhadap penerapan penilaian autenti kpada pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama terdiri dari 12 butir pernyataan. Semua butir pernyataan yang dikembangkan seluruh butirnya berkategori valid secara isi, valid secara konstruk, reliabel, dan memiliki kategori skor skala sikap.

Published

2022-09-25

How to Cite

Suciati Rahayu Widyastuti. (2022). PENGEMBANGAN SKALA LIKERT UNTUK MENGUKUR SIKAP TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jendela ASWAJA, 3(02), 57-75. Retrieved from https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/393

Issue

Section

Articles