ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 CILIMUS

Authors

  • Mahmudah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Fitriyah Nurdianah
  • Fitri Sugih Harti

Abstract

Virus Covid-19 di awal bulan Maret 2020 di Indonesia, menimbulkan dampak di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang semula tatap muka, berubah menjadi online atau daring. Karena tidak terbiasa dengan proses pembelajaran daring, siswa pun mengalami berbagai kesulitan. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian tentang kesulitan belajar daring siswa di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Cilimus.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil wawancara dengan siswa kelas XII yang memberikan informasi sehubungan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian mengenai analisis kesulitan belajar daring di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Cilimus adalah siswa tidak dapat melakukan kegiatan praktik di sekolah secara rutin seperti ketika pembelajaran tatap muka. Kesulitan lain yang dialami adalah ketika tiba-tiba kuota habis dan jaringan internet tidak stabil, siswa tidak dapat mengikuti kegiatan belajar daring sebagaimana mestinya. Kegiatan belajar daring juga membuat siswa tidak dapat bertanya kepada guru dan berdiskusi dengan teman secara langsung. Sedangkan dampak dari kegiatan belajar daring yaitu beberapa siswa menjadi malas dan menunda-menunda untuk belajar karena asyik bermain handphone, tidur malam atau begadang sehingga menyebabkan tidak fokus saat belajar daring. Hal ini menyebabkan beberapa siswa mengalami penurunan nilai dan peringkat. Dampak lain yang dirasakan yaitu borosnya pemakaian kuota, baterai handphone yang cepat habis, dan cahaya dari layar handphone yang membuat pusing.

Published

2022-09-25

How to Cite

Mahmudah, Fitriyah Nurdianah, & Fitri Sugih Harti. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 CILIMUS. Jendela ASWAJA, 3(02), 26-41. Retrieved from https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/307

Issue

Section

Articles