PENERAPAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD

Authors

  • Dewi Kusuma Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Naela Makhbubah

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.213

Keywords:

Metode SAS, Membaca Permulaan, SAS Method, Beginning Reading

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada pembelajaran membaca permulaan di kelas 1 SD Negeri 2 Waruroyom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian metode SAS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan dapat membangun motivasi siswa dalam belajar.

The problem in this research is how to apply the Structural Analytical Synthetic (SAS) method in early reading learning in grade 1 SD Negeri 2 Waruroyom. This study aims to determine the application of the SAS method in early reading learning. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Based on the research results, the SAS method can improve students' reading skills and can build students' motivation in learning.

Published

2022-03-25

How to Cite

Dewi Kusuma, & Naela Makhbubah. (2022). PENERAPAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD . Jendela ASWAJA, 3(01), 1-7. https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.213

Issue

Section

Articles