MODEL CTL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN SISWA KELAS IX G SMPN 11 CIREBON

Authors

  • Leni Herliani SMP N 11 Kota Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v2i02.204

Abstract

Penelitian ini mengangkat sebuah fenomena pembelajaran di kelas yang dikemas dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Model CTL dalam Peningkatan Pembelajaran Uang dan Lembaga Keuangan Siswa Kelas IX G SMPN 11 Cirebon”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik observasi dengan penekanan pada proses pembelajaran di kelas. Populasi dalam penelitian ini 37 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.Sampel penelitian siswa kelas IX G semester ganjil SMP Negeri 11 Cirebon Tahun Pelajaran 2018-2019. Data yang dikumpulkan bersumber dari PTK yang mencakup: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi sebanyak dua siklus. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) umumnya perhatian siswa pada proses pembelajaran meningkat, (2) keberanian siswa meningkat, (3) kualitas jawaban siswa meningkat, (4) kesungguhan dan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan meningkat, (5) kemampuan dan kejelian siswa untuk menghindari kesalahan menjawab pertanyaan guru meningkat, (6) perhatian, cara, kesungguhan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang sulit maupun tidak sulit meningkat, (7) siswa yang mengajukan pertanyaan, tanggapan, komentar, saran, dan kritik terhadap soal yang diberikan guru meningkat, (8) jumlah siswa yang memperoleh peningkatan nilai dari dari sebelumnya meningkat, (9) jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai dari sebelumnya berkurang, (10) hasil belajar siswa baik secara individual maupun kelompok mengalami peningkatan, pada siklus pertama dari rata-rata 5,65 menjadi 8,20 pada siklus kedua, mengalami peningkatan 45,13%. Informasi balikan siswa juga menunjukkan bahwa pembelajaran CTL mendapat respon positif terbukti dengan rata-rata 2,72 (baik). Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang dengan menggunakan pembelajaran CTL. Berdasarkan temuan di atas, peneliti merekomendasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran CTL pada umumnya dapat dipakai sebagai model dalam pembelajaran uang.

Published

2021-09-27

How to Cite

Leni Herliani. (2021). MODEL CTL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN SISWA KELAS IX G SMPN 11 CIREBON. Jendela ASWAJA, 2(02), 10-18. https://doi.org/10.52188/ja.v2i02.204

Issue

Section

Articles