Pengaruh FOMO (Fear Of Missing Out) terhadap Keputusan Pembelian Barang Generasi Z dalam Konteks Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan Tahun 2021 – 2022 Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)

Authors

  • Tono Wartono tono Universitas Nahdatul Ulaama
  • Darmun Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Nurlani Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1416

Keywords:

FOMO, keputusan pembelian, Generasi Z, TikTok, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fenomena Fear of Missing Out (FOMO) terhadap keputusan pembelian barang pada Generasi Z, khususnya di kalangan mahasiswa angkatan tahun 2021–2022 Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon dalam konteks penggunaan aplikasi TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 15,259 lebih besar dari t tabel sebesar 1,667, serta nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa FOMO berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang pada Generasi Z. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulannya, FOMO memiliki pengaruh yang kuat dalam mendorong Generasi Z, khususnya mahasiswa, dalam mengambil keputusan pembelian barang yang mereka lihat atau temui melalui TikTok.

 

Published

2025-08-07

How to Cite

tono, T. W., Darmun, D., & Nurauliah, N. (2025). Pengaruh FOMO (Fear Of Missing Out) terhadap Keputusan Pembelian Barang Generasi Z dalam Konteks Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan Tahun 2021 – 2022 Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon). Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(2), 333-341. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1416