Pengaruh FOMO (Fear Of Missing Out) terhadap Keputusan Pembelian Barang Generasi Z dalam Konteks Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan Tahun 2021 – 2022 Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1416Keywords:
FOMO, keputusan pembelian, Generasi Z, TikTok, mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fenomena Fear of Missing Out (FOMO) terhadap keputusan pembelian barang pada Generasi Z, khususnya di kalangan mahasiswa angkatan tahun 2021–2022 Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon dalam konteks penggunaan aplikasi TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 15,259 lebih besar dari t tabel sebesar 1,667, serta nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa FOMO berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang pada Generasi Z. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulannya, FOMO memiliki pengaruh yang kuat dalam mendorong Generasi Z, khususnya mahasiswa, dalam mengambil keputusan pembelian barang yang mereka lihat atau temui melalui TikTok.