Penerapan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.528Kata Kunci:
Pembelajaran PJOK, Kemampuan Brpikir KritisAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.Penelitian ini menggunakan satu salah satu jenis penelitian eksperimen yaitu eksperimen preaksperimen (Preexperimental Design) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata pretest 115,42, setelah diberikan treatment pembelajaran PJOK sebanyak 16 pertemuan, nilai post-test 145,54 sehingga diketahui adanya penerapan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran PJOK. Nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,432. oleh karena itu, t-hitung t-tabel (0,690 > 0,432) dan nilai signifikansinya lebih kecil daripada 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan terhadap skor hasil kemampuan berpikir kritis dengan diberikan pembelajaran PJOK selama 16 pertemuan, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan terdapat adanya implementasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Resty Erka Pratiwi, Zenal Arifin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.