Penerapan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.528Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa, Pendidikan JasmaniAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.Penelitian ini menggunakan satu salah satu jenis penelitian eksperimen yaitu eksperimen preaksperimen (Preexperimental Design) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata pretest 115,42, setelah diberikan treatment pembelajaran PJOK sebanyak 16 pertemuan, nilai post-test 145,54 sehingga diketahui adanya penerapan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran PJOK. Nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,432. oleh karena itu, t-hitung t-tabel (0,690 > 0,432) dan nilai signifikansinya lebih kecil daripada 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan terhadap skor hasil kemampuan berpikir kritis dengan diberikan pembelajaran PJOK selama 16 pertemuan. Hasil dari penelitian sangat berpengaruh dengan adanya sebuah pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Kesimpulan terdapat adanya implementasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Resty Erka Pratiwi, Zenal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.