PENGARUH MODIFIKASI BOLA BESAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN PADA SISWA SMAN 11 GARUT
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.502Kata Kunci:
Modifikasi media Pembelajaran, Ketarampilan Bermain Bola BesarAbstrak
Pendidikan jasmani adalah proses interaksi antara peserta didik dan pendidik serta lingkungan yang dikelola melalui pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan secara sistematik, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, dan efisien menuju pembentukan manusia seutuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi bola terhadap keterampilan gerak dasar dan bermain siswa SMAN 11 Garut Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitia tindakan kelas. Modifikasi adalah suatu metode untuk membantu menyampaikan suatu proses pembelajaran atau memebrikan tujuan pembelajaran yang akan di berikan kepada peserta didik, modifikasi meliputi bentuk permainan, alat, dan proses pembelajaran lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 11 Garut, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Penentu sampel dalam penelitian ini, menggunakan teknik cluster sampling. Untuk mengumpulkan data keterampilan bermain bola besar siswa penulis menggunakan observasi, dan untuk mengukur keterampilan bermain sepakbola siswa menggunakan tes game performance assessment instrument (GPAI). Hasil pengujian analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh modifikasi bola terhadap hasil gerak dasar dan bermian siswa terhadap permaian sepak bola, basket, dan Voli siswa SMAN 11 Garut sebesar 90,63% Sebanyak 32 siswa-siswi terdapat pengaruh yang signifikan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Muhamad Thamrin Muzizat, Asep Angga Permadi, Azhar Ramadhana Sonjaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.