Pengaruh Permainan Tradisional “Mpa’a Gopa” terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Firdaus Firdaus STKIP Taman Siswa Bima
  • Rabwan Satriawan STKIP Taman Siswa Bima
  • Ewan Irawan STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i4.1513

Kata Kunci:

Mpa'a Gopa, Kecerdasan Interpersonal

Abstrak

Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional ‘Mpa'a Gopa’ terhadap nilai-nilai karakter kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar, yang meliputi tiga aspek utama: fokus, kerja sama, dan strategi.

Materi dan metode. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen kuantitatif dengan rancangan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 15 siswa, 8 perempuan dan 7 laki-laki berusia 12-13 tahun. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang efektivitas permainan ‘Mpa'a Gopa’ yang telah melalui uji validitas dengan semua item dinyatakan valid (r hitung > r tabel) dan uji reliabilitas dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,873 yang tergolong reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pretest-posttest melalui penerapan permainan ‘Mpa'a Gopa’. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan uji-t berpasangan dengan bantuan SPSS 25.

Hasil. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan skor rata-rata penerapan ‘Mpa'a Gopa’ pada aspek kerja sama dari 61,20 menjadi 79,33, aspek fokus dari 63,47 menjadi 77,67, dan aspek strategi dari 61,73 menjadi 78,20. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan nilai sig 0,200 > 0,05, yang berarti data terdistribusi normal. Hasil uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai t hitung sebesar 20,56 (kerja sama), 14,77 (fokus), dan 17,75 (strategi) dengan sig 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dan postes.

Kesimpulan. Permainan tradisional ‘Mpa'a Gopa’ terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SDN Inpres Teke, terutama pada kemampuan bekerjasama, menjaga fokus, dan menyusun strategi.

Diterbitkan

2025-11-26

Cara Mengutip

Firdaus, F., Satriawan, R. ., & Irawan, E. . (2025). Pengaruh Permainan Tradisional “Mpa’a Gopa” terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(4), 476-484. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i4.1513