Development of Pencak Silat Learning Model Based on Local Wisdom for Character Building of Students in SB Hulu Langat Selangor, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i2.1173Keywords:
Learning Models, Pencak Silat, Tapak Suci, Local Wisdom, Character EducationAbstract
Tujuan penelitian. Mengembangkan model pembelajaran pencak silat berbasis kearifan lokal untuk pembentukan karakter pada siswa SB Hulu Langat, Selangor, Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pencak silat berbasis kearifan lokal yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa Sanggar Bimbingan (SB) Hulu Langat, Selangor, Malaysia. Model pembelajaran ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal seperti religiusitas, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.
Bahan dan metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas atas di SB Hulu Langat. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pencak silat berbasis kearifan lokal yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Model ini tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik siswa dalam pencak silat, tetapi juga secara signifikan memperkuat karakter mereka dalam hal religiusitas, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab.
Kesimpulan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran berbasis budaya lokal yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern, sekaligus menjadi solusi strategis untuk mengintegrasikan pembelajaran pencak silat dengan pembentukan karakter siswa dalam lingkungan multikultural. Karena penelitian ini hanya berfokus pada nilai-nilai karakter tertentu, yaitu religius, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan aspek-aspek penilaian karakter lainnya yang juga penting dalam konteks pendidikan multikultural dan global. Penelitian ini penting bagi pendidikan karakter siswa dan juga melestarikan kearifan lokal.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jamaludin, Oman Hadiana, Hana Astria Nur, Tio Heriyana, Ribut Wahidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.