Kepuasan Siswa SMA Se-Kota Merauke Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.273Keywords:
Kepuasan Siswa, Pembelajaran Penjas, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan Siswa SMA Se Kota Merauke, terhadap pembelajaran PENJAS selama pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif yang memanfaatkan teknik survey. Sedangkan metode angket dan wawancara digunakan untuk mengumpulan data. Hal ini telah di Uji Validitas dan reabilitasnya. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa SMA Se- KotaMerauke. Probability Sampling sebagai teknik dalam mengambil sampel dimana setiap anggota populasi diberikan hak/peluang yang sama dalam proses penelitian. Kesimpulan hasil penilaian dari peneliti dapat di simpulkan bahwa dari data survey tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada masa pandemi covid-19 di SMA Se-Kota Merauke memiliki persentase 19% siswa kategori sangat puas, 43% siswa menjawab kategori puas, 26% siswa menjawab kategori cukup puas, 10% siswa menjawab kategori tidak puas dan 2% siswa menjawab kategori sangat tidak puas. Pencapaian persentase tertinggi dari hasil penelitian ialah 43% siswa menjawab kategori puas, kategori masih belum mencapai sempurna karena nilai yng diharapkan terus mencapai 100% siswa menjawab kategori sangat puas, tetapi tujuan dan target yang telah ditetapkan tidak tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil penelitian keselurahan dalam penelitian ini memiliki persentase 73,86% dengan kategori baik. Jadi yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Se-Kota Merauke pada masa pandemi covid-19 sudah memenuhi dan dinyatakan tingkat kepuasan siswa dalam proses pembelajaran pada masa covid-19 berjalan dengan yang diinginkan guru.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Dilli Dwi Kuswoyo, Hendra Jondry Hiskya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.